• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Tegaskan Kemandirian Bawaslu Jadi Prinsip dalam Menangani Pelanggaran Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat menyampaikan materi di Workshop Nasional Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BHPP) DPP Demokrat, bertema: Etika Penyelenggara dan Tata Cara Pengaduan di Bawaslu di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan menjaga kemandirian Bawaslu dalam membuat keputusan, jadi salah satu prinsip dalam menangani pelanggaran pemilu. Hal tersebut dia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Workshop Nasional Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BHPP) DPP Demokrat bertema: Etika Penyelenggara dan Tata Cara Pengaduan di Bawaslu di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

"Kita (Bawaslu) selalu berupaya menjaga kemandirian dalam membuat dan mengambil segala kebijakan," tegas dia.

Selain kemandirian ungkap Herwyn, dalam bekerja, Bawaslu selalu berorientasi pada pemulihan hak pilih yang terganggu,  menjaga kepastian kepastian hukum dengan tidak mengesampingkan nilai keadilan.

"Ini semua demi memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan laporan," terangnya.

Lebih lanjut, Herwyn meyakinkan, dalam menjaga kepastian hukum, Bawaslu bekerja dengan tidak mengesampingkan nilai keadilan, transparansi atas proses dan hasil penanganan pelanggaran. Dia menambahkan, dalam penanganan pelanggaran pun Bawaslu sudah menerapkan berbasis teknologi, sehingga prinsip penanganan pelanggaran pemilu yang Bawaslu miliki kini, berpedoman pada prinsip-prinsip tersebut.

Sekadar informasi, agenda workshop tersebut, dibuka oleh Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan diikuti pimpinan Partai Demokrat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Editor: Ranap Simanjuntak
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu