• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Minta LHP Pemilu 2024 Dibukukan dan Dipublikasikan

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memberikan arahan kepada jajaran Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Purwakarta, Jumat (26/7/2024).

Purwakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berpesan kepada jajaran Bawaslu di daerah untuk membukukan Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Pemilu 2024. Tidak hanya itu, dia juga meminta agar buku tersebut dipublikasikan dan dapat diakses oleh masyarakat.

Herwyn berharap laporan tidak hanya sekedar menjadi catatan bagi Bawaslu saja sebagian bagian refleksi dan evaluasi internal untuk perbaikan peningkatan kinerja di masa depan. Menurutnya dengan membukukan dan mempublikasikan Laporan Pengawasan Pemilu 2024 dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.

"Mudah-mudahan bisa dibuatkan ke dalam buku. Kalau hanya laporan biasa saya khawatir hanya tersimpan di arsip saja dan dimakan rayap atau digerogoti tikus," ucapnya di hadapan Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Purwakarta pada Jumat (26/7/2024).

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara masa jabatan 2018-2022 ini mengatakan, pembukuan Laporan dimaksud bisa bermanfaat bagi Bawaslu sendiri. Hematny, Laporan ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk jajaran di bawahnya.

"Sambil kalau ada cerita sukses dalam tugas pengawasan kita, ini bisa menjadi bukti sejarah bahwa kita telah melakukan pengawasan yang baik," imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, manfaat pembukuan laporan ini bagi publik adalah akan memberikan lagi kepercayaan kepada Bawaslu. "Kalau kepercayaan baik, maka saat pemilihan masyarakat juga akan lebih mempercayai kita dalam melakukan tugas pengawasan," katanya.

Bagi akademisi, Herwyn juga menegaskan hal ini dapat memberikan manfaat bagi mereka untuk meningkatkan pengembangan keilmuan dan pengetahuan tentang politik kepemiluan, hukum pemilu, dan pengawasan pemilu yang dimiliki Bawaslu. Dan manfaat dari segi kelembagaan, dia mengatakan buku tersebut akan bermanfaat di Pemilu masa depan.

"Jadi ini yang menjadi tugas kita bersama sambil kita menata kelembagaan kita. Mari kita gali potensi ini, dan jangan hanya buku cetak tapi juga dalam bentuk pdf," pungkasnya.

Editor: Hendi Poernawan
Foto: BSW

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu