• English
  • Bahasa Indonesia

Hari Pertama Rekapitulasi Nasional, Delapan Pengawas Luar Negeri Hadir

Ketua Bawaslu Abhan saat mengkonfirmasi keterlambatan surat pemberitahuan dari KPU sehingga pengawas luar negeri belum hadir di hari pertama rekapitulasi nasional/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu berkomitmen mengawal suara rakyat, di dalam dan luar negeri. Untuk itu, Bawaslu sejak hari pertama rekapitulasi perolehan suara luar negeri, telah menghadirkan delapan pengawas luar negeri (LN) sudah hadir di kantor KPU.

"Sudah delapan orang pengawas luar negeri hadir. Karena teknis undangan yang baru kami terima kemarin (Jumat, 3/5/2019). Pengawas LN sedang berupaya untuk datang mengikuti rekapitulasi perolehan suara luar negeri di Jakarta," terang Ketua Bawaslu Abhan di ruang sidang utama lantai dua KPU, Jalan Imam Bonjol, nomor 29, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Menurut nya, pengawas LN yang hadir bertujuan mengonfirmasi hasil perolehan suara luar negeri, antara data KPU dan Bawaslu. Pengawas LN juga menjadi bukti pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di luar negeri berjalan.

Kedepalan Pengawas LN itu, antara lain: Nika Suwarsih dari Melbourne, Farini Anwar dari Taipe, Riza Wibawa dari Doha, Hangky Gursah dan Eviana Elizabeth dari Singapura, Sutan Emir Hidayat dari Bahrain, Fajar Kurniawan dari Hongkong, serta Yadie Riyadi dari Brunei Darussalam.

Hari pertama rekapitulasi perolehan suara luar negeri, Abhan ditemani Koordinator Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin. Selain Pengawas, turut hadir beberapa pemantau Pemilu, seperti: Netgrit, TePI, KIPP Indonesia, Kemitraan, Perludem dan lain-lain.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu