• English
  • Bahasa Indonesia

Gunakan Data Lama, Bawaslu Setuju Rekapitulasi San Francisco Ditunda

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat melakukan pengawasan proses rekapitulasi tingkat nasional tingkat nasional perolehan suara luar negeri di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019/Foto: Abdul Hamid

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Masih menggunakan kolom nama calon legislatif (caleg) lain dalam data rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2019, rekapitulasi untuk wilayah San Francisco, Amerika Serikat ditunda. Akhirnya pembenahan data dilakukan setelah menunggu sekitar 25 menit.

Perwakilan dari partai politik (parpol) yang kali pertama menyadari penggunaan data lama tersebut. "Sebentar pimpinan, ini kayaknya untuk rekapitulasi Caleg DPR RI di luar negeri PPLN San Francisco masih menggunakan data yang lama dengan nama caleg lain yang tercantum didata rekap," sebutnya Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (7/05/2019).

Menanggapi masukan tersebut, Komisioner KPU Hasyim Asyari lantas meminta persetujuan anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar. Tak ada kemontar, Fritz hanya mengangguk tanda setuju, seketika rekapitulasi untuk San Francisco ditunda.

“Untuk San Francisco kita pending (tunda) dulu sampai datanya diperbaiki. Kita lanjutkan untuk negara berikutnya yang sudah siap," kata Hasyim.

Memang tak ada komentar dari Fritz bagai menjadi tanda tanya. Sebab sejauh ini dirinya kerap melontarkan kritikan. Misalnya kemarin saat penundaan rekapitulasi Taipei dia meminta PPLN untuk lebih siap menyiapkan dokumen. Bahkan, dirinya pun meminta jajaran KPU berbenah agar proses rekapitulasi tingkat nasional berjalan maksimal serta sesuai jadwal.

Apakah Fritz sudah merasa bosan menegur PPLN atau KPU? Entahlah. Hanya saja yang pasti target selesainya rekapitulasi suara tingkat nasional hanya tersisa satu lagi. Sementara masih banyak yang belum disahkan.

Hingga pukul 14.59 WIB hari ini saja, di panel satu, enam wilayah di luar negeri disahkan oleh KPU termasuk San Francisco yang sempat ditunda hampir setengah jam. Keenam wilayah tersebut, yaitu: Penang, Helsinki, Praha, Bucharest, Phon Phen, dan San Francisco.

Penulis: Irwansyah
Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text