• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Minta Panwascam Sumsel Miliki Mental Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar membuka kegiatan Launcing Pengawasan Pilkada 2020 di Sumsel, Minggu (8/3/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar meminta 292 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel) memiliki mental pengawas pemilu. Dia menyebut, pengawas pemilu harus memiliki integritas dan keberanian untuk mengawal ajang Pilkada 2020 menjadi pesta demokrasi yang jujur, adil, dan berkepastian hukum.

Dia mengatakan, seorang pengawas harus memiliki mental mengawasi dan berani. Pasalnya, pengawas nanti akan bertemu dengan calon kepala daerah yang mempunyai kepentingan berbeda-beda. Pengawas harus mampu memberikan teguran dan mengawasinya apabila calon kepala daerah diduga melakukan pelanggaran.

"Integritas itu pada hakikatnya adalah melakukan apa yang harus dilakukan (pengawas pemilu). Tak usah muluk-muluk, (kewajiban) yang kita lakukan itulah yang harus kita laksanakan," ujarnya dalam Kegiatan Launcing Pengawasan Pilkada 2020 di Sumsel, Minggu (8/3/2020).

Fritz menekankan, memiliki mental pengawas pemilu sangat penting. Berkaca pada Pemilu 2019, ada 120 penyelenggara pemilu terpidana karena melanggaran intergritas. Pada gelaran Pilkada 2018 ada 35 penyelenggara pemilu terpidana. "Kami tidak mau itu ada diantara bapak ibu sekalian. Kami berharap itu tidak ada," ujar anggota Bawaslu kelahiran 27 November 1976 itu.

Selain itu, dia mengatakan, Panwascam juga harus sadar memiliki kewenangan yang diberikan Undang Undang. “Bawaslu Hadir sebagai wakil dari negara, wakil dari masyarakat untuk menegakkan keadilan pemilu untuk menjaga agar tata cara prosedur. Tugas mengawasi, menindak itu ada ditangan kita," pungkasnya.

Editor : Jaa Pradana
Fotografer : Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu