• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz: Kode Perilaku Untuk Menjaga Intergritas Jajaran Bawaslu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi narasumber Rapat Peningkatan Kapasitas Dalam Kode Perilaku Bagi Aparatur Pengawas Pemilu di Denpasar, Rabu (10/12/2019) malam/Foto: Hendi Purnawan

Denpasar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar menilai, kode perilaku sangat penting untuk menjaga integritas jajaran Bawaslu di seluruh tingkatan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kehadiran kode etik ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan pesta demokrasi.

"Diperlukan suatu kode perilaku yang tidak terjangkau oleh kode etik sebagai acuan bertindak," ungkapnya dalam Rapat Peningkatan Kapasitas Dalam Kode Perilaku Bagi Aparatur Pengawas Pemilu di Denpasar, Rabu (10/12/2019) malam.

Dalam kegiatan ini juga sedang dirumuskan Perbawaslu Pembinaan. Acara yang dihadiri 120 peserta dari kal ketua dan anggota Bawaslu provinsi seluruh Indonesia. Ada yang mewakili divisi organisasi, pengawasan, penindakan, hubungan antar lembaga (hubal) dan hubungan masyarakat (humas). Serta divisi data dan informasi.

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu ini menyarankan, Perbawaslu Pembinaan mengatur beberapa hal. Pertama, wewenang tiap tingkatan untuk melakukan pembinaan. Kedua, bentuk-bentuk pembinaan seperti bimbingan teknis, konsultasi, pelatihan, supervisi, monitoring, inspeksi mendadak, evaluasi, pemberian sanksi, dan pemberian penghargaan. "Ketiga kode perilaku dan terakhir penanganan dugaan pelanggaran perilaku pengawas pemilu," sebutnya.

"Kita sudah rapat tiga kali dan akan ada rapat keempat kali. Mudah-mudahan di dalam pola hubungan memberikan kewenangan kepada kita semua untuk melakukan pembinaan," imbuh Fritz.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu