• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Apresiasi Ngabuburit Online Bawaslu Jatim

Kegiatan Ngabuburit Online Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Foto : Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengapresiasi jajaran Bawaslu Provinsi Jawa Timur yang menggelar kegiatan Ngabuburit Online. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kehumasan Bawaslu se-Jatim yang diselenggarakan setiap Rabu selama Ramadan.

“Apresiasi terhadap Bawaslu Provinsi Jawa Timur, berusaha untuk tetap melakukan yang terbaik dalam situasi pandemik covid 19. Mudah-mudahan ini dapat memberikan inspirasi bagi kita semua, meskipun dalam keadaan pandemik,” ujar Fritz saat membuka kegiatan Ngabuburit Online, Rabu (29/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Fritz mengatakan pentingnya peran kehumasan Bawaslu dalam membangun citra lembaga, yaitu menyerap aspirasi publik dan juga membangun sinergisitas dengan seluruh stakeholder demi suksesnya pemilihan tahun 2020. Untuk dapat mewujudkannya, dibutuhkan kapasitas insan kehumasan dalam menulis, memilih dan memilah berita serta informasi yang tepat untuk dipublikasikan dalam media di era digital di tengah pandemik covid 19.

“Tiada seorangpun lahir sebagai seorang pujangga. Menulis adalah sebuah kerja-kerja keras. Menulis adalah sebuah ilmu yang dapat dipelajari. Saya memngapresiasi ide-ide yang dilakukan dalam ngabuburit sebelum berbuka puasa,” kata Koordinator Hukum, Humas, Data dan Informasi ini.

Dia mengingatkan pula sebagai penyelenggara pemilu, Bawaslu harus mampu menyampaikan kepada publik dan menjadi narasumber terhadap kinerja pencegahan dan hasil pengawasan. “Butuh strategi tersendiri, bagaimana publik dapat mengetahui kerja-kerja Bawaslu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Timur Mohammad Amin mengharapkan kegiatan ini akan berdampak terhadap kemajuan, dan peningkatan kapasitas SDM di Bawaslu Provinsi Jawa Timur walaupun berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Dia berharap, kegiatan ini tidak hanya sekadar mengisi waktu luang, tetapi benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan-kepentingan Bawaslu.

“Kita berkesempatan berlatih, menempa diri, meningkatkan kapasitas diri kita masing-masing, dalam rangka mendukung kinerja kebawasluan, dalam rangka mendukung kinerja kita di dalam tugas sebagai pengawas,” ujar Amin.

Dia mengingatkan agar berita-berita yang disampaikan ke khalayak adalah berita-berita tetap menjaga kode etik jurnalistik. “ Arah akhirnya adalah bagaimana lembaga Bawaslu dapat dilihat dan berperan aktif terhadap demokrasi di Indonesia,” pungkas Amin.

Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu