• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Apreasiasi Transparansi Hitung Ulang di Kecamatan Dolok Sanggul

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat melakukan pengawasan hitung ulang surat suara di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Rabu 21 Agustus 2019/Foto: Bhakti Satrio Wicaksono

Humbang Hasundutan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Kordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar memberikan apresiasi atas transparansi proses penghitungan surat suara ulang (PSSU) di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Rabu (21/08/2019).

"Dari Rekapitulasi PSU ini kita lihat bagaimana partisipasi penyelenggara baik Bawaslu dan KPU bersama-sama agar proses keadilan dan fungsi transparansi terjadi. Teman-teman bisa lihat semua proses ditampilkan melalui 'Infocus'. Semua orang bisa lihat sehingga apabila ada proses yang kurang tepat dapat diperbaiki," ungkapnya.

Baca juga: Kendala Gakkumdu, Dewi Harap Konsep Ideal Hadapi Pilkada 2020 

Senada dengan Fritz, Ketua Bawaslu Humbang Hasundutan Hendri Wesley Pasaribu meyakini, PSSU yang dilakukan di kabupaten ini menunjukkan, keadilan harus bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat. "Proses pelaksanaan berjalan dengan baik. Kami melihat ini gambaran bahwa keadilan itu bisa kita lihat seperti yang diperintahkan MK (Mahkamah Konstitusi). Dan, PSSU ini lebih transparan dan bisa disaksikan semua elemen masyarakat," jelas Hendri.

Fritz lalu mengungkapkan, semua tahapan hitung ulang mulai dari pembukaan kotak surat suara hingga penghitungannya bisa memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan.

Untuk diketahui, sebanyak 160 TPS di Kecamatan Dolok Sanggul dilakukan PSSU. Hal ini merupakan tindak lanjut atas dikabulkannya permohonan hasil pileg yang dimohonkan Partai Gerindra untuk DPRD Provinsi Sumatra Utara daerah pemilihan IX.

Baca juga: Abhan: Laporan Pengawasan Jadi Akuntabilitas Bawaslu untuk Publik 

PSSU sendiri dilakukan melalui empat panel yang masing-masing panel menyajikan proses penghitungan yang ditayangkan melalui proyektor agar dapat disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Bhakti Satrio Wicaksono

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu