• English
  • Bahasa Indonesia

Diikuti 83 Peserta, Bagja: SKPP Muara Enim Siapkan Kader Pengawal Demokrasi

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memukul gong sebagai tanda dibukanya SKPP di Muara Enim, Rabu (22/9/2021)/foto: Bawaslu Sumsel

Muara Enim, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Rahmat Bagja membuka kegiatan Sekolah Kadep Pengawas Pemilu (SKPP) di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan (Sumsel) yang diikuti oleh 83 peserta. Dia menegaskan ini adalah mempersiapkan kader-kader pengawas yang siap terjun ke masyarakat.

“Kader-kader ini kelak bisa jadi pengawas, penyelenggara, politisi, atau juga masyarakat dengan pengetahuan keterampilan mengawasi demokrasi,” ujar Bagja di Muara Enim, Rabu (22/9/2021).

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu itu menuturkan, dalam penyelenggaraan pemilu dibutuhkan peran aktif dari kader-kader muda pengawas partisipatif dalam rangka mengawasi pesta demokrasi di Indonesia guna menciptakan pemilu yang jujur dan adil.

Pj. Bupati Muara Enim Nasrun Umar berterima kasih karena telah memilih Muara Enim sebagai salah satu titik pelaksanaan SKPP di Sumsel. Pemerintah daerah mendukung dan menyambut baik atas diselenggarakannya program SKPP dalam upaya melibatkan masyarakat, khususnya generasi muda yang bersemangat dan cakap teknologi dalam pengawasan pemilihan atau pesta demokrasi di Indonesia.

Ia berharap, SKPP ini membawa ilmu yang bermanfaat untuk penyelenggaraan pemilu ke depan. “Semoga dengan terlaksananya SKPP ini maka mampu meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat dalam pengawasan tahapan-tahapan pemilu maupun pilkada khususnya di Kabupaten Muara Enim tahun 2024 mendatang sehingga dapat terlaksana secara demokratis, jujur, adil, serta dengan suasana yang kondusif,” harap Nasrun.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Junaidi juga turut menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Pemerintah Muara Enim yang telah turut mendukung penyelenggaraan SKPP di Muara Enim. “Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan ini. Sejatinya pengawasan Pemilu bukan peran utama dari Bawaslu akan tetapi dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah hingga partisipasi dari masyarakat yang juga diutamakan,” jelasnya.

Kegiatan SKPP ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan seluruh peserta telah dites negatif Covid-19. SKPP Tingkat Dasar di Sumatera Selatan untuk titik Muara Enim dilaksanakan sejak Rabu (22/9/2021) hingga Jumat (24/9/2021). Sebanyak 83 peserta mengikuti SKPP yang terdiri dari 8 peserta dari Prabumulih, 21 peserta dari Lahat, dan 54 peserta dari Muara Enim.

Fotografer: Bobby (Humas Bawaslu Sumsel)
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu