• English
  • Bahasa Indonesia

Diikuti 75 Peserta, Abhan Buka SKPP Titik I di Yogyakarta

Ketua Bawaslu Abhan memukul gong sebagai tanda dimulainya SKPP kabupaten Sleman, Rabu (22/9/2021)/foto: Humas Bawaslu Sleman

Sleman, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Abhan membuka secara resmi Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) di wilayah DI. Yogyakarta, Rabu (22/9/2021). SKPP tingkat dasar titik I menjangkau Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo dengan diikuti 75 peserta.

Abhan menyampaikan SKPP merupakan salah satu program utama Bawaslu yang merupakan prioritas nasional sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Presiden Joko Widodo. Program ini diharapkan mempu melahirkan kader-kader pengawas yang nantinya turut ambil bagian dan berperan dalam memperkenalkan dan menyebarluaskan peran pengawasan partisipatif kepada masyarakat dan organisasi yang diikuti.

"Bersama dengan Bappenas, program SKPP merupakan program yang sudah lama diinisiasi oleh Bawaslu agar dapat dilaksanakan setiap tahunnya," tuturnya, di Sleman, Rabu (22/9/2021).

"Semoga dengan adanya SKPP ini, masyarakat semakin banyak mengambil peran dan makin peduli untuk turut mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan," imbuh Abhan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, mengapresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya SKPP ini, meski sebelumnya sempat mundur dari jadwal yang seharusnya.

"Dia menjelaskan ntuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, pelaksanaan SKPP tingkat dasar ini dibagi ke dalam dua titik, untuk titik pertama meliputi Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo, sedangkan untuk titik kedua meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul.

"SKPP ini diikuti oleh 35 peserta dari Kabupaten Sleman dan 40 peserta dari Kabupaten Kulon Progo yang sebelumnya telah diseleksi dengan ketat saat pendaftaran berlangsung", tutupnya mengakhiri sambutan.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, memberikan apresiasinya saat memberikan sambutan.

"Saya ucapkan selamat kepada Bawaslu Kabupaten Sleman atas terselenggaranya SKPP ini," tuturnya.

Dia menilai ini merupakan kegiatan yang sangat positif, apalagi melibatkan anak - anak muda generasi millenial sebagai pesertanya. sambungnya. "Semoga dengan adanya program SKPP dari Bawaslu ini, para pemuda generasi millenial kita semakin berperan aktif untuk turut mewujudkan Pemilu yang bersih, jujur, dan berintegritas," pungkasnya.

Acara pembukaan SKPP turut pula dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sleman, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sleman, Komandan Distrik Militer 0732 Sleman, Ketua KPU Kabupaten Sleman, dan jajaran Bawaslu DIY yang meliputi Ketua, Anggota, dan jajaran sekretariat.

Fotografer: Humas Bawaslu Sleman
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu