• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi Ingatkan Perlunya Konsistensi Peningkatan Kapasitas Bagi Perempuan

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo memberikan sambutan setelah meresmikan ruang bermain anak dan laktasi di Kantor Bawaslu, Minggu 7 Maret 2021/Foto: Humas Bawaslu Sulsel

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, perjuangan peningkatan kapasitas perempuan amat penting. Untuk itu, dia meyakinkan, Bawaslu peduli hak-hak perempuan sehingga perlu mengawal upaya peningkatan kepada kalangan perempuan secara konsisten.

Saat meresmikan ruang bermain anak dan laktasi di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jalan AP Pettarani Nomor 98, Kota Makassar, Minggu (7/3/2021), Dewi mengapresiasi ide perlindungan kepada kalangan anak dan perempuan. Menurutnya, upaya Bawaslu Sulsel dalam memberikan keleluasaan hak bagi perempuan dan anak perlu dikembangkan terus menerus.

"Sulsel adalah provinsi kedua yang melakukan ini. Kita patut apresiasi. Apalagi ide ini berangkat dari Kordiv Humas (Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat) Bawaslu Sulsel Saiful Jihad yang notabene adalah pria," tuturnya.

Dewi merasa perlunya konsistensi dalam memperjuangkan hak-hak dan peningkatan kapasitas perempuan. “Harus kita akui itu adalah hal yang tidak mudah,” akunya

"Saya selalu berusaha untuk bisa mendukung, mem-‘back up’ kerja teman-teman dalam peningkatan kapasitas, utamanya perempuan. Dan harus diakui, tidak semua orang punya kepedulian yang sama," jelas Dewi.

Waktu menanti jeda Pemilu 2024, lanjutnya, ada banyak waktu untuk melakukan persiapan. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama perempuan bagi Dewi harus mulai dilakukan dari sekarang.

"Pemilu 2024, perekrutan penyelenggara, pindah kamar (tempat), hingga ‘naik kelas’ (sebagai pengawas) ke tingkat provinsi harus sudah mulai dilakukan (peningkatan kapasitas untuk perempuan). Dengan begitu, saat tiba masanya, kita sudah siap ikut dalam kompetisi," kata Dewi di hadapan undangan yang juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari Koaliasi Perempuan Indonesia.

Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi dalam kesempatannya mengatakan usaha menghadirikan ruang laktasi dan bermain anak ini guna memberikan contoh bagi lembaga lain. "Saya kira belum banyak yang melakukan hal ini. Kami juga berterimakasih atas kesempatan Ibu Dewi yang meluangkan waktu untuk hadir meresmikannya," ungkap Arumahi.

Hadir juga pada peresmian tersebut, Anggota Bawaslu Sulsel Amrayadi, Azry Yusuf, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel Dr Jalaludin, Emha Husain dari Koaliasi Perempuan Indonesia (KPI), Ketua dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulsel.

Editor: Ranap THS
Penulis dan Foto: Chairdir Pratama (Humas Bawaslu Sulsel)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu