• English
  • Bahasa Indonesia

Data Tidak Sinkron, Bawaslu Berikan Catatan Perbaikan PPLN Perth

Ketua Bawaslu Abhan berdiskusi dengan dua anggota Bawaslu: Rahmat Bagja dan Fritz Edward Siregar saat proses rekapitulasi nasional untuk luar negeri di kantor KPU, Senin 6 Mei 2019/Foto: Andrian Habibi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - KPU meminta rekapitulasi hasil pemilu di Perth, Australia ditunda. Hal ini akibat tidak sinkronnya data pengguna hak suara yang dilaporkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perth.

Ketua Bawalu Abhan sendiri memberikan beberapa catatan terkait dengan perbaikan yang harus dilakukan oleh PPLN Perth. Misalnya, PPLN Perth harus melakukan perbaikan kolom data pengguna hak pilih.

"Ada beberapa catatan perbaikan yang harus dilakukan. Pertama, perbaikan kolom data pengguna hak pilih ini tidak sinkron dengan data pengguna surat suara," kata Abhan di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dan penetapan pemilihan Umum 2019, Senin (6/5/2019).

Selain itu, lanjutnya, ketidaksinkronan juga terjadi untuk data suara sah dan tidak sah, baik pemilihan legislatif DPR RI atau surat suara pemilihan calon presiden dan wakil presiden. "Tidak sinkron lagi dengan data suara sah dan tidak sah untuk surat suara PPWP (sertifikat hasil penghitungan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden), sama DPR RI-nya," katanya.

Bahkan, Komisioner KPU Evi Novida Ginting ikut meminta daftar pemilih tambahan (DPTb), daftar pemilih khusus (DPK) diperbaiki. "Juga penggunaan hak pilihnya sekaligus diperbaiki. Data penggunaan hak suara yang dilaporkan oleh PPLN agar segera diperbaiki," serunya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu