• English
  • Bahasa Indonesia

Cegah Politik Uang, Patroli Pengawasan Kembali Digalakkan

Tidore, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu menginstruksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tidore kembali melakukan patroli pengawasan di masa tenang secara bergantian.  Hal itu untuk mencegah praktik politik uang yang kerap dilakukan di masa tenang. Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, mewanti-wanti akan adanya ruang untuk pelanggaran pemilu. Hal itu disampaikan pada Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu Bagi Panwascam se-Kota Tidore Kepulauan pada Pemilihan Umum Tahun 2019, di Kota Tidore, Maluku Utara, Senin (1/4/2019).

Menurut Bagja, masa tenang adalah masa tidak tenang bagi pengawas. Karena itu, ia mengingatkan, saat melakukan patroli pengawasan tetap menggunakan seragam dan tanda pengenal. Panwascam juga dapat melibatkan staf dan pengawas desa untuk membantu patroli pengawasan.

“Kantor panwas harus buka 3x24 jam selama masa tenang. Kami berharap panwascam dapat malakukan pengawasan masa tenang ini dengan baik,” ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa ini.

Pada Pilkada 2018 Sebelumnya, patroli pengawasan yang dilakukan Bawaslu membuahkan hasil. Program patroli pengawasan di masa tenang dapat menekan angka pelanggaran politik uang dan pelanggaran lainnya.

“Kami hadir di Maluku Utara untuk memberikan pembinaan, penguatan dan pemahaman, khususnya program kegiatan patroli pengawasan di masa tenang,” tegasnya.

Maluku Utara adalah daerah dengan indeks kerawanan tinggi pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP)  2019.  Bawaslu berharap, pengawas pemilu dapat meningkatkan pengawasan dengan bekerjasama dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

Penulis dan foto : Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 4 Maret 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kemendagri, Jakarta.
Waktu:
Selasa, 26 Februari 2019 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 19 Februari 2019 - 11:00 WIB
Tempat :
RRI, Jakarta
Waktu:
Sabtu, 23 Februari 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Waktu:
Rabu, 20 Februari 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta.

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat