• English
  • Bahasa Indonesia

Cegah Covid-19, Bawaslu Terapkan Protokol Penanganan di Lingkungan Gedung Bawaslu

Staf Bawaslu saat mendapatkan pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki Gedung Bawaslu, Jakarta, Senin 16 Maret 2020/Foto: Rama Agusta

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Antisipasi menyebarnya virus Corona atau Covid-19, Bawaslu menerapkan mekanisme penanganan di lingkungan Bawaslu. Terdapat tiga poin utama yang dilakukan dalam penanganannya, meliputi: pembersihan fasilitas umum, kebersihan diri bagi siapa saja yang akan masuk ke gedung Bawaslu, dan pengecekan suhu badan.

Kepala Biro Administrasi Bawaslu Dermawan Adhi Santoso melalui keterangan tertulis mengungkapkan, Bawaslu melakukan pembersihan fasilitas umum dengan menggunakan desinfektan terutama pada waktu aktivitas padat di lokasi-lokasi representatif seperti pegangan pintu, tombol lift, dan pintu masuk.

Selanjutnya, ditegaskan bagi setiap orang wajib mencuci tangan dengan sabun dan air atau pencuci tangan dengan bahan berbasis alkohol sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu.

Selain itu, lanjutnya, setiap orang juga wajib melakukan pengecekan suhu badan sebelum memasuki lingkungan gedung Bawaslu. Apabila pada pemeriksaan terdeteksi suhu badan lebih dari 38 derajat celcius, maka akan diberikan masker, tidak diperbolehkan memasuki gedung Bawaslu, dan beristirahat di rumah serta memeriksakan diri di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Sedangkan bagi yang memiliki suhu badan kurang dari 38 derajat celcius dan mengalami batuk atau pilek maka akan diberikan masker dan diperbolehkan memasuki lingkungan gedung Bawaslu," ungkapnya.

Protokol yang dilakukan ini merupakan respon sigap dari Bawaslu dalam menangani Covid-19 yang sedang marak. Melansir dari situs Kementerian Kesehatan, hingga saat ini telah terdapat 117 orang positif Covid-19 dengan detil 8 orang dinyatakan sembuh dan status meninggal 5 orang.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio Wicaksono

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu