• English
  • Bahasa Indonesia

Buka SKPP Kalsel, Abhan: Dibutuhkan Kerja Bersama Wujudkan Demokras

Ketua Bawaslu RI Abhan meresmikan kelas SKPP tingkat dasar yang diselenggarakan di regional 1 Kalsel, di kabupaten Banjar, Senin (28/6/2021). Abhan didampingi jajaran pimpinan Bawaslu Kalsel/Foto : Hendri (Humas Bawaslu Provinsi Kalsel)
Banjar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menyambut baik antusias peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang akhirnya dibuka di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dia menyatakan memang kerja bersamalah yang dibutuhkan untuk mewujudkan demokrasi.
 
Dia menjelaskan pemilu sebenarnya bukan hanya pesta penyelenggara saja namun juga seluruh komponen bangsa. Terlebih ke depannya, tambah Abhan, pandemi belum dapat diprediksi waktu berakhirnya. merupakan hajat seluruh komponen bangsa.
 
“Ke depan pemilu serentak, sekompleks apapun itu bukan hanya penyelenggara yang harus siap masyarakat juga harus siap," tutur Abhan di Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (28/6/2021).
 
Di hadapan 100 peserta SKPP Tingkat Dasar dari Regional 1 Kalsel, Abhan juga menyatakan kualitas demokrasi ini sedikitnya dapat terpenuhi bila ada integritas penyelenggara dan peserta pemilu yang baik. Dia menambahkan dalam artian tidak ada praktik-praktik kecurangan serta masyarakat juga harus menggunakan hak pilihnya.
 
Maka dari itu, Abhan menerangkan SKPP ini telah menjadi ikhtiar yang dilakukan Bawaslu untuk mendekatkan semua unsur masyarakat untuk bahu membahu mewujudkan pemilihan yang bersih, jujur dan adil. Selain itu Abhan berharap lewat SKPP Bawaslu dapat bisa lebih dalam menyosialisasikan partisipasi yang bisa dilakukan masyarakat saat tahapan hingga usai tahapan. 
 
"Alumnus SKPP ini selanjutnya diharapkan akan menjadi kader yang siap terjun ke masyarakat di bidangnya masing-masing dengan berbekal pengetahuan tentang demokrasi," tutur Abhan.
 
Dalam kesempatan tatap muka kali ini, pelaksanaan SKPP tingkat dasar yang diselenggarakan di Regional 1 Kalsel dengan peserta yang berasal dari Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
 
 
Penulis : Bagus (Humas Bawaslu Provinsi Kalsel)
Editor : Reyn Gloria

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu