• English
  • Bahasa Indonesia

Buka SKPP di Toraja Utara, Abhan Yakinkan Minat Masyarakat Makin Tinggi

Ketua Bawaslu Abhan saat membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Tingkat Dasar Tahun 2021 zona wilayah Sulawesi Selatan yang digelar di Toraja Utara, Jumat 1 Oktober 2021/Foto: Humas Bawaslu Toraja Utara

Toraja Utara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan membuka secara resmi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 zona wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang digelar di Toraja Utara, Jumat (1/10/2021). Dia meyakinkan, minat masyarakat dalam mengikuti SKPP semakin tinggi sejak tahun 2018 sehingga diharapkan pengawasan partisipatif pemilu dan pemilihan (pilkada) pun kian besar.

Perlu diketahui, peserta SKPP tingkat dasar ini berasal dari tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Sidrap, dan Kota Pare-Pare. Abhan menyampaikan, SKPP merupakan salah satu program utama Bawaslu yang merupakan prioritas nasional sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) oleh pemerintah.

Dia menjelaskan program SKPP ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader pengawas yang nantinya turut ambil bagian dan berperan dalam memperkenalkan dan menyebarluaskan peran pengawasan partisipatif kepada masyarakat dan organisasi yang diikuti.

“Sejak dilaksanakan kegaiatan SKPP ini dari tahun 2018 hingga saat ini, peserta yang mengikuti kegiatan SKPP setiap tahunnya terus bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dan mempunyai minat yang tinggi untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu dan Pemilihan yang dilaksanakan di Indonesia," tuturnya.

Dia juga berharap kegiatan SKPP di Toraja Utara kali ini dapat menghasilkan kader-kader yang berintegritas sekaligus menjadi pioner Bawaslu dalam mendukung pengawasan pemilu dan pemilihan.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel Arumahi menyampaikan hal senada. Menurutnya kader SKPP ini nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Bawaslu untuk mengedukasi masyarakat terkait aturan kepemiluan.

Selain peserta dari 3 Kabupaten/Kota, turut hadir di acara pembukaan SKPP ini Ketua dan Anggota Bawaslu Sulsel beserta Kepala Sekretariat, Kapolres Toraja Utara, Dandim 1414 Tana Toraja, Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Pengadilan Negeri Makale, Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja serta jajaran Ketua dan Anggota Bawaslu Toraja Utara, Bawaslu Sidrap, Bawaslu Pare-Pare.

Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bawaslu yang telah menunjuk Toraja Utara sebagai tempat pelaksanaan SKPP Tingkat Dasar 2021 Zona II Wilayah Sulawesi Selatan. “Saya percaya SKPP ini akan mencetak kader yang berdemokrasi dan berintegritas dalam menyukseskan pemilu dan pemilihan ke depan”, lanjutnya.

Editor: Ranap THS
Penulis/Foto: Sardi (Humas Bawaslu Toraja Utara)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu