• English
  • Bahasa Indonesia

Besok, Bawaslu Gelar Sidang Lanjutan Situng dan Quick Count

Tiga Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja, Abhan, dan Dewi Ratna Pettalolo saat sidang pendahuluan terkait laporan BPN soal Sirung/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menetapkan besok, Selasa (6/6/2019) menggelar sidang lanjutan dugaan pelanggaran administrasi terkait Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) dan quick count secara terpisah. Hal ini menindaklanjuti putusan sidang pendahuluan yang memutuskan dua laporan tersebut memenuhi syarat formil dan materil.

Perlu diketahui, dugaan pelanggaran Situng dan quick count dilaporkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Ketua Bawaslu Abhan, sidang lanjutan ini dilaksanakan Selasa (7/5/2019) pukul 14.00 WIB di ruang sidang Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin nomor 14, Jakarta Pusat. Sidang bakal diawali dengan memberikan giliran bagi pelapor yaitu pihak KPU memberikan tanggapan atas laporan pihak terlapor.

"Kami akan memberikan kesempatan pada terlapor untuk menyampaikan tanggapannya besok siang atas jawaban," ucap Abhan sebelum menutup sidang pendahuluan, Senin (6/5/2019).

Abhan menambahkan, selain tanggapan dari terlapor, juga dilakukan pemeriksaan bukti-bukti dari kedua belah pihak pelapor maupun terlapor.

"Saksi ada berapa? Fakta ada dua. Besok pembuktian dokumen surat dari terlapor maupun pelapor sekaligus saksi fakta," terang Abhan.

Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini menambahkan, kedua pihak baik terlapor dan pelapor diharapkan menyediakan saksi dan bukti-bukti yang lengkap. Dia pun menyampaikan undangan bagi kedua pihak secara lisan dalam sidang.

"Sidang hari ini kami tutup dan ini sebagai panggilan jika kami tidak menyampaikan undangan panggilan, ini pemberitahuan resmi," pungkasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu