• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Rembang Temukan Ribuan Daftar Pemilih TMS

Bawaslu Kabupaten Rembang Mencermati hasil DPS yang telah diumumkan KPU Kabupaten Rembang. (Foto : Humas Bawaslu Kabupaten Rembang).

Rembang – Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Rembang menemukan sebanyak 1.834 pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang tidak memenuhi syarat (TMS). Data tersebut diperoleh jajaran Bawaslu Rembang saat melakukan pencermatan DPS pada 19 - 28 September 2020.

Terhadap temuan itu, Anggota Bawaslu Rembang M. Maftuhin menyebut akan menyampaikan saran perbaikan kepada KPU Rembang atas temuan dalam pencermatan DPS yang sudah diumumkan sebelumnya.

"Akan menyampaikan saran perbaikan diharapkan KPU menindak lanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku,” kata Maftuh, Selasa (29/9/2020).

Maftuh merincikan data pemilih TMS tersebut terdiri dari 671 pemilih yang sudah meninggal, 239 pemilih yang pindah domisili, 11 pemilih yang tidak dikenal atau bukan penduduk setempat, dan 913 pemilih berpotensi ganda.

Selain itu, Bawaslu Rembang juga menemukan sebanyak 147 pemilih yang memenuhi syarat tapi belum masuk DPS, 24 pemilih perbaikan identitas, serta 78 pemilih disabilitas.

"Demi memperoleh daftar pemilih yang aktual dalam Pilkada 2020 (kami) berharap masyarakat dan semua pihak ikut bersama-sama mencermati DPS yang telah diumumkan," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Maftuhin juga meminta kepada KPU Rembang agar cermat, teliti, dan profesional dalam menyusun data pemilih. "Sebab DPS tersebut akan dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) setelah mendapat masukan dan tanggapan masyarakat," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal, perbaikan DPS oleh Panitia Pemungutan Suara pada 29 September hingga 3 Oktober 2020.

Penulis : Musthofa (Humas Bawaslu Kabupaten Rembang)
Foto : Subhan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu