• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Purworejo Tolak Permohonan Sengketa Bapaslon Slamet Riyanto - Suyanto

Tiga Majelis Musyawarah Ali Yafie (kiri), Nur Kholiq (tengah) dan Rinto Hariyadi (kanan) saat membacakan putusan sengketa sidang musyawarah penyelesaian sengketa proses pemilihan. (Foto: Humas Bawaslu Purworejo)

Purworejo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Purworejo menolak seluruh permohonan yang diajukan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Slamet Riyanto dan Suyanto HS dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa proses pemilihan bupati dan wakil bupati Purworejo.

Ketua Majelis Musyawarah Nur Khaliq mengatakan majelis berpendapat dalil-dalil yang dimohonkan pemohon tidak terbukti secara sah dan meyakinkan. "Sehingga Bawaslu Purworejo menolak seluruh permohonan pemohon," katanya, Senin (17/8/2020).

Sidang putusan musyawarah penyelesaian sengketa proses pemilihan bupati dan wakil bupati dibacakan oleh tiga Majelis Musyawarah yaitu Nur Kholiq, Ali Yafie, dan Rinto Hariyadi pada Sabtu, 15 Agustus 2020 dan dihadiri pemohon didampingi kuasa hukumnya.

Sedangkan, pihak termohon dihadiri Ketua dan Anggota KPU Purworejo yaitu Dulrokhim, Widya Astuti, Rahman Hakim, Akmaliyah dan Purnomosidi.

Perlu diketahui, sengketa proses pemilihan bupati dan wakil bupati Pemohon diajukan oleh Bapaslon jalur perseorangan Slamet Riyanto - Suyanto HS atas keputusan KPU Purworejo yang menolak penyerahan dokumen dukungan hasil perbaikan berita acara (BA) yang diberikan KPU Purworejo.

Terkait hal itu, Anggota Majelis Musyawarah Ali Yafie menyarankan kepada KPU Kabupaten Purworejo untuk memberikan rincian hasil pengecekan penyerahan syarat dukungan perbaikan.

"Hal itu (harap) dilaksanakan sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemilu yang terbuka dan profesional," ujar Ali.

Dia juga meminta kepada KPU Purworejo untuk memperketat keamanan data dalam tahapan pilkada berikutnya untuk meminimalisir risiko. "KPU juga disarankan untuk memperbaiki BA hasil pengecekan penyerahan syarat dukungan perbaikan," kata Ali.

Penulis : Humas Bawaslu Purworejo.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu