• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Perkuat Kerja Sama Pengawasan Hoaks Pemilu 2019 di Internet

Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Kerjasama Pengawasan Konten Internet Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Selasa, (15/1/2019).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu memperkuat kerja sama dengan beberapa lembaga negara dalam mengawasi konten internet dalam Pemilu 2019. Hal itu untuk mencegah, mengawasi dan menindak konten hoaks dan ujaran kebencian terkait pemilu di internet.
 
“Untuk mengawasi terkait konten-konten  di internet Bawaslu harus bekerja sama dengan lembaga lain,” ujar Ketua Bawaslu RI Abhan dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Kerjasama Pengawasan Konten Internet Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Selasa, (15/1/2019).
 
Pada penyelenggaraan Pilkada 2018, Bawaslu bekerja sama dengan beberapa lembaga negara dan platform media sosial. Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta nota kesepakatan aksi dengan penyelenggara platform media sosial di Indonesia.
 
“Tentu pengalaman di Pilkada 2018 bisa diterapkan kembali 2019 dan  bisa diperluas jaringannya dengan lembaga lain yang sangat bersinggungan dalam persoalan dalam mengawasi konten internet dalam pemilu 2019,” katanya.
 
Rapat dihadiri oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kemenkominfo, Badan Intelejen Negara (BIN), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).
 
Foto/Penulis: Baguz Pradana
Editor: Deytri Aritonang
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu