• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Minta Peserta Pemilu Siapkan Saksi di Lokasi Rekapitulasi Suara

Ketua Bawaslu Abhan dalam acara peresmian pusat informasi penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 di gedung KPU, Sabtu (20/4/2019)/Foto: Rama Agusta

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta seluruh peserta pemilu 2019 untuk menghadirkan saksi di lokasi rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, kabupaten, kota dan provinsi.

"Meskipun sudah ada pengawas dari jajaran Bawaslu, kami berharap alangkah baiknya peserta pemilu menyiapkan saksi," kata Abhan dalam acara peresmian pusat informasi penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 di gedung KPU, Sabtu (20/4/2019).

Menurutnya, kehadiran saksi di lokasi rekapitulasi sangat penting. Sebab, jika nanti ada saksi yang menyatakan keberatan, maka bisa diselesaikan pada level paling bawah. Sehingga tidak menunda persoalan sampai di tingkat atas.

"Kalau ada catatan keberatan atau pun masukan, koreksi, dugaan pelanggaran, bisa segera menyampaikan kepada jajaran kami. Nanti akan ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan kami," ujarnya.

Abhan menambahkan, proses rekapitulasi bukanlah pekerjaan yang mudah. Membutuhkan akurasi dalam melakukan input data. Juga membutuhkan waktu yang cukup panjang. Petugas rekap, tunjuknya, bekerja non stop setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 00.00 waktu setempat.

Untuk itu, mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini mengajak semua pihak untuk mendoakan jajaran PPK semoga diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya.

"Mari kita awasi bersama proses rekapitulasi ini sampai selesai," ungkapnya.

Teks : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu