• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Akan Rumuskan Alat Ukur Kinerja Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda (tengah) memberikan arahan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten/kota di Kota Manado, Jumat (26/5/2023)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu akan melakukan evaluasi kinerja pengawas pemilu dari sampai tingkat kabupaten/kota. Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan salah satu bentuk evaluasinya yaitu Bawaslu akan merumuskan alat ukur kinerja.

"Kedepan Bawaslu akan membuat alat ukur kinerja sebagai pengawas Pemilu," Ungkap Herwyn dalam kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kota Sulawesi Utara, Jumat (26/5/2023).

Lanjut Herwyn, alat ukur kinerja ini dapat membantu pengambilan kebijakan pengawasan Pemilu yang dilakukan Bawaslu. "Alat ukur kinerja dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait pengambilan kebijakan pengawas Pemilu," kata dia.

Herwyn mengatakan alat ukur kinerja nantinya akan dimasukan ke Peraturan Bawaslu dengan dua konsep. "Dua konsep ini yaitu membuat peraturan baru terkait kinerja atau masuk ke dalam Perbawaslu 15 Tahun 2020 tentang pembinaan," jelas Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Puslitbangdiklat itu.

Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady berharap dengam adanya alat ukur kerja, Bawaslu dapat mempertahankan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementrian Keuangan. Sedangkan Bawaslu sendiri telah meraih penghargaan WTP tujuh kali berturut-turut. "Harapan saya yaitu Bawaslu bisa mempertahankan serta meraih gelar WTP ke delapan kali," katanya.

Editor: Jaa Pradana
Foto: Jaka Fajar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu