• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Penyelenggara Pemilu Solid Dalam Menghadapi Problematika Pemilu 2019

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan umum tahun 2019 Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar Bimbingan Teknis Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 bagi  Komisi Pemilihan Umum, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sebagai pihak termohon dalam persidangan MK. Dalam kesempatan tersebut, anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menegaskan, penyelenggara pemilu seyogyanya mengkomunikasikan perbedaan antar penyelenggara pemilu sebelum tampil di publik sehihgga penyelenggara pemilu tidak dipermainkan pihak lain.

“Bapak-ibu agar dapat mengkomunikasikan perbedaan yang tidak sepaham antar penyelenggara pemilu sehingga tidak muncul ke publik dan kita tidak dipermainkan oleh pihak lain,” ujarnya di sela-sela penyampaian materi pada kegiatan Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu Tahun 2019 bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Indonesia Angkatan I di Bogor, Selasa (2/10/2018).

Menurut Fritz, KPU dan Bawaslu harus solid dan bekerjasama untuk menjadi kekuatan dalam menjalankan proses pemilu. Potensi problematika dan mekanisme pengawasan serta penyelesain sengketa dalam Pemilu 2019 akan menghadapi banyak tantangan.

Fritz menilai kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi (MK) akan sangat membantu untuk memahami prosedur, mekanisme dan tahapan penyelesain perselisihan hasil Pemilu 2019. Para penyelenggara pemilu dan pemangku kepentingan yang terdiri dari partai politik, calon anggota legislatif, dan pengacara akan menjadi para pihak dalam sidang perselisihan tersebut.

“Harus diingat peran Bawaslu mengawasi tahapan, memberikan perlindungan kepada peserta pemilu dan penyelenggara pemilu. Bekerjalah sesuai dengan prosedurnya masing-masing, karena ada DKPP yang mengawasinya,” pungkasnya di hadapan 150 peserta bimtek.

Penulis dan Photo : Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu