• English
  • Bahasa Indonesia

Banyak Interupsi, Ketua Bawaslu Rekomendasi Mulai Rekapitulasi Bali

Ketua Bawaslu Abhan (ketiga dari kanan) dan Anggota Bawaslu M Afifuddin (kedua dari kanan) mengawasi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dam Negeri Tingkat Nasional dan Penetapan Hasil Pemilu 2029 di Gedung KPU, Jumat (10/5/2019)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Rekapitulasi suara nasional tingkat provinsi menjadi alot lantaran banyaknya interupsi dari para saksi. Ketua Bawaslu Abhan pun merekomendasikan KPU segera memulai proses rekapitulasi suara nasional untuk provinsi Bali di kantor KPU, Jumat (10/5/2019) siang.

Abhan menjelaskan, pembukaan jenis dokumen rekapitulasi dan tertib acara disesuaikan dengan teknis rekapitulasi untuk luar negeri. Hal ini guna menjawab pertanyaan dari saksi Partai Demokrat Andi Nurpati yang menyampaikan tiga pertanyaan kepada KPU. Andi mempertanyakan provinsi yang siap rekapitulasi nasional, dokumen hasil rekapitulasi provinsi yang harus digandakan, dan bagaimana KPU menjelaskan teknis 'rekapitulasi ini terbuka untuk umum'.

"Kita sudah menjalani proses rekapitulasi ini selama enam hari, langsung dimulai saja," sebut Abhan tatkala diminta Ketua KPU Arief Budiman menjawab dan memberikan rekomendasi

Jawaban Abhan ini sekaligus menjadi penjelasan atas pertanyaan Ferry Mursidan Baldan selaku saksi Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua yang mempertanyakan alasan Bali yang dahulu diplenokan. "Kalau abjad, kan ada Aceh yang huruf A, Bali kan huruf B," tanya Ferry.

Ketua KPU Arief Budiman sendiri mengungkapkan, rekapitulasi provinsi untuk KPU provinsi Bali lantaran sudah lengkap dan hadir pihak Bawaslu Provinsi Bali. "Dari 34 provinsi yang sudah selesai melakukan rekap di provinsinya masing-masing itu ada lima, yaitu Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Gorontalo," terang Arief.

Foto: Irwansyah
Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu