• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Sosialisasikan Program Bawaslu dan Tantangan Pilkada 2020 di Tasikmalaya

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja berbincang dengan tokoh masyarakat saat kegiatan Sosialisasi Kelompok Rentan di Tasikmalaya, Minggu (23/12/2019) malam/Foto: Nurisman

Tasikmalaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan ada beberapa program yang akan diterapkan seperti pada Pemilu 2019. Bagja merasa hal ini efektif kembali diterapkan untuk pengawasan pilkada yang digelar 23 September tahun depan.

Bagja menyebutkan di antaranya pojok pengawasan yang bisa mengawasi secara menyeluruh daerah pilkada. Selanjutnya, pengawasan bebas internet dan praktik kerja lapangan yang bisa dilanjutkan mahasiswa untuk melihat Bawaslu bekerja.

"Program tersebut akan diulang kembali di tahun 2020 untuk memberikan wawasan bagaimana Bawaslu bertugas," jelasnya saat memberikan arahan dalam kegiatan Sosialisasi Kelompok Rentan di Tasikmalaya, Minggu (23/12/2019) malam.

Di hadapan warga Tasikmalaya, Bagja pun menyerukan program tersebut bisa optimal kalau masyarakat bisa ikut turut berperan. Dia mencontohkan, dalam hal politik uang, kalangan mana pun harus berani melawan hal ini.

"Politik uang bisa harus bisa kita lawan melalui Bapak/Ibu. Alamat-alamat kebetulan (yang didatangi) di rumah Bapak/Ibu. Mau tidak mau harus dikembalikan," tegasnya.

Bagja melihat kejujuran sangat penting dijaga. Karena itu, dia pun meminta agar para pemimpin daerah seperti camat, lurah atau kepala desa bisa netral. Apabila, ada pihak-pihak tersebut ikut dalam kampanye dia memohon agar masyarakat bisa melaporkan kepada Bawaslu.

"Hal tersebut tidak diperkenankan dalam UU Pemilihan. Kami mohon kerja sama dari tokoh masyarakat, tokoh agama untuk membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu," harap Bagja.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu