• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ingatkan Ketua Bawaslu Provinsi Jadi Dinamisator

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan dalam membuka Rakornas Penguatan Kelembagaan Tingkat Bawaslu Provinsi pada, Rabu (9/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan kepada seluruh Ketua Bawaslu Provinsi di Indonesia untuk menjadi dinamisator di lembaganya. Apa yang dia maksud dengan dinamisator adalah ketua perlu menjadi jembatan antara hubungan di dalam kelembagaan, maupun di luar lembaga.

"Ketua ini yang bertanggungjawab ke dalam dan keluar. Contohnya misalkan hubungan kita dengan 'stakeholder' lain. Itulah yang harus dikomunikasikan ketua ke pemangku kepentingan lain. Tugas ketua adalah salah satunya dinamisator antarlembaga," ungkapnya saat membuka kegiatan Rakornas Penguatan Kelembagaan Tingkat Bawaslu Provinsi pada, Rabu (9/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Bagja juga menekankan kepada ketua Bawaslu Provinsi untuk tidak menjadi katalisator. Artinya, Ketua Bawaslu Provinsi diharapkan dapat menjadi sosok yang bijaksana dalam perundingan keputusan dan tidak cepat emosi ketika perundingan tidak berjalan seperti yang diharapkan.

"Bapak/Ibu hati-hati juga, begitu ada yang marah, jangan kita ikut marah. Tetap kemudian bapak ibu harus berpikir yang paling bijak diantara yang lain. Itu ada dalam Perbawaslu nomor 3 tahun 2022," jelas Bagja.

Dari sisi internal, Bagja juga meminta untuk para ketua rutin melakukan rapat pleno antarpimpinan untuk memantau program kerja yang sedang berjalan. "Rapat pleno sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dan pendayagunaan kontrol, evaluasi, proyeksi," kata Bagja.

Ke depannya, Bagja berharap Ketua Bawaslu Provinsi dapat bekerja dengan baik dan memantau pelaksanaan program yang tengah berjalan mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu