• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Coklit di Daerah Perbatasan, Bawaslu Pastikan Warga 'Musiman' Tak Masuk DPT

Anggota Bawaslu Totok Hariyono (kiri) mengawasi Pantarlih memasang stiker coklit di rumah warga di Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (18/2/2023)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Surabaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Totok Hariyono turun langsung mengawasi pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 di kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya yang merupakan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Dia meminta pengawas pemilu Surabaya untuk memastikan warga musiman tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT).

“Ini kita khawatir jangan sampai nanti data di TPS tidak sinkron dengan data hasil pengawasan pengawas pemilu saat Coklit. Jadi harus dipastikan warga musiman tidak masuk DPT," cetus Totok, Sabtu (18/02/2023).

"Kita harus pastikan status warga yang masuk DPT, diteliti apakah warga sini (kecamatan Gunung Anyar) apa bukan. Warga musiman apa bukan sehingga nanti saat dilakukan perbaikan tetap tercatat namanya sesuai DPT," imbuhnya.

Dia mengungkapkan alasan turun langsung memilih perbatasan Surabaya – Sidoarjo untuk didatangi langsung. Menurutnya, daerah perbatasan harus mendapatkan perhatian khusus karena mobilitas penduduknya dinamis dan tentu berpengaruh pada data pemilih, terlebih dulunya merupakan daerah penggusuran.

“Gunung anyar ini daerah perbatasan, dan perlu mendapat perhatian khusus, apalagi ini dulunya daerah penggusuran. Mobilitas penduduknya sangat dinamis. Kita ingin memastikan coklit dilakukan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga tidak ada warga hak pilihnya terabaikan”, tegas Mantan Anggota Bawaslu Jatim periode 2017-2022 itu.

Koordinator Divisi Hukum dan Sengketa ini juga memberikan stimulus kepada seluruh pengawas pemilu di Surabaya khususnya untuk tetap semangat dalam melakukan pengawasan melekat (waskat) terhadap Coklit yang dilakukan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih). Totok mengatakan Waskat  terhadap Coklit menjadi fokus Bawaslu untuk memastikan DPT betul-betul terkawal dan terawasi dengan baik.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu