• English
  • Bahasa Indonesia

Apresiasi Peran Perempuan, Dewi: Tanpanya Tidak Ada Demokrasi Yang Adil

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Perempuan Pengawas Pemilu di Padang, Senin 28 Oktober 2019/Foto: Reyn Gloria

Padang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengapresiasi peran strategis perempuan dalam kemajuan demokrasi saat ini. Dia melihat keterlibatan perempuan dalam jabatan strategis di pemerintahan sudah semakin baik dan terus meningkat kuantitasnya.

Dewi menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat diwujudkan perempuan dalam kemajuan demokrasi. Dia menunjuk seperti perlunya pendidikan politik yang disediakan ormas (organisasi massa) maupun partai politik (parpol). Lalu, kesempatan yang lebih besar atas keikutsertaan kaum perempuan.

Selanjutnya, kuota 30% bagi caleg perempuan. Dia mengaskan hal tersebut perlu dipertahankan dalam menghadapi pemilu. Bahkan, Dewi merasa perlu adanya toleransi yang lebih besar dari suami bagi istri yang terjun dalam politik.

"Tanpa perempuan tidak ada demokrasi yang adil, berkembang, sehat serta seimbang," tutur Dewi saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Perempuan Pengawas Pemilu di Padang, Senin (28/10/2019).

Sebagai informasi, dalam periode 2019-2024 anggota DPR RI perempuan berjumlah 120 orang. Sedangkan, anggota DPD RI ada 42 dari kalangan feminim. Dan yang baru saja dilantik ada enam menteri bersama wakil menteri perempuan yang menempati jabatan strategis.

"Dari persentase keterpilihan perempuan, ini angka yang cukup memuaskan dan patut disyukuri karena semua meningkat," jelasnya.

Dari hal tersebut, Dewi berharap adanya kesadaran politik bagi perempuan melalui program pendidikan politik. Sehingga, tidak ada marjinalisasi politik bagi perempuan.

Dewi menambahkan, harapan lainnya agar kualitas dan kuantitas keteraturan politik bagi perempuan dapat meningkat serta perlindungan dan jaminan bagi perempuan dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

"Cita-cita kita bisa ada keadilan sosial dan kesetaraan gender bagi perempuan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat dengan optimal," tutup dia.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu