• English
  • Bahasa Indonesia

Afif Harap Bawaslu Se-Jatim Perbaiki Teknis Pengawasan untuk Pilkada 2020

Anggota Bawaslu M Afifuddin (tengah batik coklat berpeci) berfoto dengan jajaran Bawaslu Jawa Timur di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis 10 Oktober 2019/Foto: Andrian Habibi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin mengharapkan, seluruh pengawas pemilu se-Jawa Timur (Jatim) memperbaiki setiap teknis pengawasan pemilu. Hal ini dia ungkapkan saat menerima laporan akhir pengawasan Pemilu 2019 dari Bawaslu tingkat kabupaten/kota se-Jatim di Ruang Rapat Lantai Empat Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Lelaki yang akrab disapa Afif itu menuturkan, hal-hal baik saat mengawasi Pemilu 2019 harus dipertahankan. Sedangkan hal-hal teknis pengawasan Pemilu yang dirasakan kurang maksimal perlu ditingkatkan. "Akan lebih baik, bila pengawasan ke depan lebih baik dari hari lalu," ujarnya.

"Ini melainkan awal penguatan peran pengawas Pemilu" tambah Afif.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Sosialisasi Bawaslu Feizal Rachman menyampaikan program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif. Dirinya berharap, Bawaslu Jatim beserta Bawaslu tingkat kabupaten/kota se-Jatim bisa mendukung penyelenggaraan sekolah tersebut.

"Bawaslu melatih pengelola sekolah kader tingkat provinsi. Lalu, pelatih di tingkat provinsi yang akan mengelola Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif tingkat kabupaten/kota," sebutnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Aang Khunaifi menjawab ajakan Feizal dengan menyiapkan rencana kegiatan. Aang yakin, Bawaslu tingkat kabupaten/kota se-Jatim akan berinovasi dalam mengawasi Pilkada 2020. Selanjutnya, Bawaslu Jatim sedang menyiapkan, jajaran Bawaslu tingkat kabupaten/kota se-Jatim untuk menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif.

"Kerja-kerja yang baik harus kita segerakan," sebutnya.

Sebagai informasi, ada 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak 2020. Yaitu: Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu