• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Minta Jajaran Bawaslu Siapkan Form A sebagai Bahan Keterangan Tertulis PHP

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Keterangan Tertulis Dalam Persiapan Menghadapi Sidang PHP Tahun 2020 Angkatan III, di Jakarta, Selasa (3/11/2020)/ Foto: Rama Agusta (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta jajaran Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota menyiapkan formulir model A laporan hasil pengawasan (form A) sebagai bahan untuk menyusun keterangan tertulis jika ada sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disampaikan Abhan saat menutup acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Keterangan Tertulis Dalam Persiapan Menghadapi Sidang PHP Tahun 2020 Angkatan III, di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

"Kita Bawaslu sebagai pemberi keterangan di MK harus mempersiapkan segalanya. Dan yang disampaikan form A hasil pengawasan," ucapnya.

Alasannya ungkap Abhan, form A hasil pengawasan sangat penting. Form A akan mempermudah keterangan Bawaslu di hadapan Majelis MK saat sidang PHP.

Maka dari itu lanjut Abhan, Divisi Hukum Bawaslu sebagai leading sector dalam menangani perselisihan hasil pemilihan di MK, harus berkoordinasi dengan dua divisi laiinya, yakni divisi pengawasan dan penindakan Bawaslu.

"Karena dari hasil koordinasi dengan 2 divisi itulah baru kita bisa menjelaskan. Sebab form A sangat menentukan ketetangan kita," tegasnya.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu