• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Harap Pengawas Desa Sudah Dibentuk Ketika Coklit

Ketua Bawaslu Abhan memberikan arahan dalam Rapat Kerja Teknis Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap Pilkada Tahun 2020 di Jawa Barat, Senin (17/2/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengharapkan, Panitia Pengawas (Panwas) Desa/ Kelurahan sudah dibentuk ketika KPU melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih. Coklit yang dilakukan pada 17 April - 16 Mei itu untuk merilis Data Pemilih Sementara (DPS) yang nantinya akan berubah menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Untuk mendapatkan data yang maksimal proses coklit yang dilakukan Petugas Panitia Pemutakhiran Pata Pemilih (PPDP) sebaiknya diawasi Panwas Desa/ Kelurahan," ujarnya dalam Rapat Kerja Teknis Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap Pilkada Tahun 2020," di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/2/2020).

Anggota Bawaslu asal Pekalongan ini meminta kepada Bawaslu provinsi dan kabupaten kota harus memberikan bekal ilmu dan pengetahuan kepada Panwas Desa/ Kelurahan sebelum terjun ke lapangan. Hal tersebut sangat penting untuk memudahkan jajaran ad hoc dalam menjalankan tugasnya dan memahami alat kerja pengawasan yang telah disusun.

"Panwas Desa/ Kelurahan harus dibekali dengan bimbingan tekhnis (bimtek) yang efektif dan mudah dipahami," tuturnya.

Lebih lanjut Abhan juga memberikan apresiasi terhadap kinerja Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) saat mengawasi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh KPU. Setiap proses seleksi yang berjalan pasti tidak luput dari pengawasan panwascam

"Semangat dan prosefional harus dijaga. Karena jajaran ad hoc merupakan ujung tombak Bawaslu. Kalau mereka tidak kuat pengawasan tidak akan maksimal," tandasnya.

Fotografer : Ranap Tumpal
Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu