• English
  • Bahasa Indonesia

55 Pengawas Pemilu Meninggal, Bawaslu Juga Beri Santunan

Ketua Bawaslu Abhan bersama Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat mengunjungi kantor KPU, Jumat 26 April 2019/Foto: Andrian Habibi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bertambahnya jumlah pengawas pemilu membuat Bawaslu memberikan perhatian khusus. Selain terus melanjutkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) guna memberikan santunan, Bawaslu juga bakal memberikan bantuan bersifat 'charity'.

Perlu diketahui, hingga Kamis, 25 April 2019 pukul 23.05 WIB, sebanyak 55 orang meninggal dunia dari sebelas provinsi yang tersebar di 31 kabupaten/kota. Ditambah pengawas yang sakit: 234 orang sedang menjalani pengobatan rawat inap dan 725 lainnya sedang ditangani lewat pengobatan rawat jalan.  

Sambil menunggu kepastian dana santuan oleh Kemenkeu, Bawaslu juga ikut langsung memberikan bantuan. Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menegaskan, bantuan kemanusiaan akan diberikan dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Kita (Bawaslu) upayakan komunikasi agar ada santunan yang resmi dari negara," ujar Afif saat menyambangi kantor KPU, Jumat (26/42019).

"Kita (Bawaslu) juga memberikan santunan yang bersifat 'charity'," tambahnya.

Terus bertambahnya jumlah pengawas pemilu yang meninggal akibat kelelahan harus diantisipasi. Sebelumnya, Afif mengaku, menerima kiriman video yang memperlihat seorang Pengawas TPS tetap mengawasi penghitungan suara di TPS. Padahal, pengawas itu sedang diinfus.

Afif mengungkapkan, Bawaslu langsung memerintahkan agar Pengawas TPS tersebut segera beristirahat dan digantikan dengan pengawas pemilu lain.

"Kita terus melanjutkan pengawasan rekapitulasi sampai penetapan nasional sebagai bentuk penghormatan kita kepada mereka (yang meninggal)," ujar Koordinator Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu