• English
  • Bahasa Indonesia

Tindaklanjuti Putusan MK, Puadi Awasi Langsung Penyandingan Perolehan Suara di Banten

Anggota Bawaslu Puadi mengawasi secara langsung Penyandingan Perolehan Suara Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi di Serang, Banten, Rabu (3/7/2024).

Banten, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Puadi melaksanakan pengawasan secara langsung pada acara Penyandingan Perolehan Suara Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi pada Pemilu 2024. Pengawasan dilakukan sebagai tindak lanjut atas putusan MK yang memerintahkan Bawaslu agar melakukan supervisi dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan amar putusan Nomor 183-01-14-16/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024.

Dalam amar putusan tersebut, MK memerintahkan KPU selaku termohon untuk melaksanakan penyandingan perolehan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP/Pihak Terkait) antara C Hasil-DPR dan D Hasil Kecamatan-DPR. Perkara ini dimohonkan Partai Demokrat dalam permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) anggota DPR Republik Indonesia Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II.

MK juga membatalkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 sepanjang berkenaan dengan perolehan suara untuk calon anggota DPR RI Dapil Banten II. Selanjutnya, MK memerintahkan KPU melakukan penyandingan perolehan suara Pihak Terkait II (PDIP) antara C Hasil-DPR dan D Hasil Kecamatan-DPR pada 120 TPS.

Dengan pengawasan dan monitoring dari Bawaslu, terpantau proses penyandingan perolehan suara berjalan dengan lancar, transparan, dan menghasilkan hasil yang kredibel. Bawaslu berharap hasil yang jujur dan adil dapat diterima oleh semua pihak.

Adapun pelaksanaan penyandingan perolehan suara selesai dalam satu hari pada Rabu 3 Juli 2024, yang hasilnya akan dilakukan pleno untuk dilakukan rekapitulasi secara menyeluruh dan ditetapkan pada Senin 8 Juli 2024 mendatang.

Editor : Reyn Gloria
Foto: Nofiar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu