• English
  • Bahasa Indonesia

Teliti Proses Pencalonan, Bawaslu Daerah Diminta Perkuat Analisis Hukum

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar membubuhkan tanda tangan saat mengunjungi ruangan Media Center Bawaslu Lombok Tengah, Senin Senin (2/3/2020) malam/Foto: Humas Bawaslu RI

Lombok, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, Bawaslu daerah khususnya Bawaslu Kabupaten/Kota harus jeli dan teliti melihat proses pencalonan bakal calon kepala daerah. Menurutnya, masyarakat telah percaya dengan Bawaslu dengan fungsi penegakan hukum dan penyelesaian sengketa.

"Perkuat analisis hukum dan teliti setiap masalah pencalonan," katanya pada saat melakukan supervisi ke kantor Bawaslu Lombok Tengah, Senin (2/3/2020) malam.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Hubal Bawaslu ini mengingatkan, pasangan calon yang merasa dirugikan oleh keputusan KPU bakal mengadu kepada Bawaslu. Oleh sebab itu, Fritz meminta analisis hukum harus disiapkan sedari dini.

"Jadi, seorang pengawas tidak hanya melihat lengkap atau tidaknya dokumen pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah. Tetapi, sudah memastikan setiap teknis yang memiliki potensi masalah," tunjuknya.

Fritz menyatakan, terlebih di Lombok Tengah sudah ada sengketa pasangan calon karena KPU menetapkan syarat minimal dukungan dan sebaran dinyatakan tidak memenuhi syarat. "Jadi, Bawaslu harus teliti dalam menganalisa untuk menciptakan keadilan pemilihan tahun 2020 ini," ujarnya.

Selain mengunjungi Bawaslu Lombok Tengah, Fritz juga mendatangi Kantor Bawaslu Lombok Timur. Di sini dirinya ikut berdiskusi soal pengawasan dan penegakan hukum Pilkada 2020. Dia mengajak pengawas pemilihan di Lombok Timur untuk memperkuat pendidikan pengawasan bagi masyarakat. Hal tersebut baginya bertujuan fungsi pencegahan dan penindakan bisa berjalan beriringan.

"Kantor yang bagus ini (Lombok Timur) harus dimanfaatkan untuk pendidikan pengawas agar memahami dengan baik setiap aturan dan melaksanakan dengan baik pula," sebut Dosen Ilmu Hukum di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI) Jentera tersebut.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Andrian Habibi

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu