• English
  • Bahasa Indonesia

Serahkan Bantuan Gempa Sulbar, Dewi: Kami Harap Bisa Ringankan Beban Korban

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan bantuan korban gempa Sulawesi Barat di Mamuju, Selasa 26 Januari 2020/Foto: M Chaidir Pratama (Humas Bawaslu Sulsel)

Mamuju - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo bersama jajaran Bawaslu RI (pusat) menyalurkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana yang terdampak secara langsung atas bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) yang terjadi medio Januari lalu.

Bantuan yang dibawa langsung melalui perbantuan Bawaslu Sulawesi Selatan itu diterima langsung Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo serta disaksikan oleh Asisten I Pemperintah Provinsi Sulbar M. Natsir di Mamuju, Selasa (26/1/2021).

"Bawaslu mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan kondisi, baik fisik dan psikologis dari korban pasca gempa," katanya saat memberikan sambutan.

Dewi, sapaan akrabnya, pun menjelaskan program bantuan semacam ini sudah menjadi tradisi Bawaslu. Oleh karena itu, dia meminta jajaran Bawaslu Sulbar dapat menyalurkan bantuan secara tepat sasaran. "Semoga dapat diterima oleh yang benar-benar membutuhkan dengan tetap berkoordinasi dengan pemda setempat," ujar Dewi.

Rencananya, bantuan logistik yang didistribusi dari Makassar, Sulawesi Selatan tersebut akan disalurkan kepada pengawas pemilu yang terdampak gempa kemudian disalurkan ke masyarakat secara umum. 

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Abhan bersama rombongan sudah memberikan bantuan serupa juga telah disalurkan kepada korban banjir di Kalimantan Selatan. Bantuan tersebut terdiri dari kebutuhan bahan pokok berupa, makanan cepat saji, paket sembako, hingga tenda.

Sementara mewakili Gubernur Sulbar, Asisten I M Natsir menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh jajaran Bawaslu.

"Saya atas nama pemerintah provinsi menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang dilakukan untuk meringankan beban kami," ungkap M Natsir.

Dia menuturkan penyaluran bantuan akan dikoordinasikan dengan pihak Bawaslu Sulbar bersama dengan pemda terkait. "Saat ini penyaluran bantuan difokuskan untuk daerah Ulumanda, Malunda, dan daerah terisolir lainnya yang agak sulit diakses," terangnya.

Natsir juga mengatakan, saat ini bukan saja normalisasi pasca gempa, namun pula antisipasi pemerintah setempat dalam menghambat penyebaran covid-19.

Editor: Rama Agusta
Penulis/Foto: Humas Bawaslu Subar dan Humas Bawaslu Sulsel

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu