• English
  • Bahasa Indonesia

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Luar Negeri Selesai, Taipei Jadi Penutup

Ketua Panwas LN Taipei Hanas didampingi oleh Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Luar Negri Tingkat Nasional, Senin (4/3/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Luar Negeri Tingkat Nasional telah selesai. Wilayah Taipei menjadi yang terakhir yang menyampaikan kejadian khusus yang terjadi selama Pemilu 2024 berlangsung di sana.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei Fadlillah menjelaskan kejadian di TPS 01 Taipei berdasarkan kronologi yang dibuat KPPSLN TPS 001 Taipei. Fadlillah menyampaikan kejadian itu terjadi pada saat pemungutan suara TPS 01 melakukan pengitungan suara pada 17 Februari dengan dua panel.

Pada saat penghitungan ungkap dia, KPPSLN Taipei menyerahkan formulir model C hasil salinan yang diserahkan secara excel kepada PPLN. "Itu SOP yang kami (PPLN) terapkan, sehingga tidak ada perbedaan," kata Fadlillah, Senin (4/3/2024).

Sementara itu Ketua Panwas LN Taipei Hanas menyampaikan Panwas LN telah menerima salinan hasil berdasarkan rekapitulasi yang dilaksanakan PPLN Taipei, telah sesuai. "Kami telah menerima hasil rekapitulasi yang sesuai," ujarnya.

Seperti kejadian khusus di TPS 001 Taipei, Panwas LN Taipei menegaskan, apa yang telah dilakukan KPPS LN TPS 001 Taipei sudah sesuai prosedur. Hanya saja, dia meneruskan, KPPSLN TPS 001 Taipei tidak menyalin hasil rekapitulasi di format excel dengan benar menggunakan rumus.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan PTPS LN di sana, dan PTPS LN menjelaskan rekapitulasi oleh KPPS LN sudah sesuai," terangnya.

Sekadar informasi, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Luar Negri Tingkat Nasional turut dihadiri Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dan Totok Hariyono.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu