• English
  • Bahasa Indonesia

Pojok Pengawasan DKI Jakarta Resmi Diluncurkan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Pusat Pengawasan Partisipatif Pojok Pengawasan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta resmi diluncurkan. Peresmian ditandai dengan pengguntingan Pita oleh Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Jufri, Siti Khopipah dan Puadi di Kantor Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Abhan mengatakan, pojok pengawasan bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu. Pojok pengawasan ini berisi hasil - hasil pengawasan baik berupa fisik maupun digital.

"Harapan kami pojok pengawasan ini menjadi pusat studi dan diskusi bagi masyarakat terkait dengan kepemiluan," ujar Abhan saat memberikan sambutan sebelum meresmikan Pusat Pengawasan Partisipatif Pojok Pengawasan.

Selain itu, pojok pegawasan ini sebagai sarana untuk mendekatkan lembaga pengawas pemilu kepada masyarakat dengan harapan akan timbul kesadaran masyarakat untuk secara bersama mengawasi pemilu. Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu RI itu juga mengatakan pemilu bukan hanya hajatan penyelenggara pemilu, tetapi hajatan seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan pemilu.

"Tanpa dukungan dari masyarakat, Bawaslu tidak bisa maksimal dalam melaksanakan fungsi pengawasan," ujarnya.

Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah itu juga mengatakan bahwa pojok pengawasan ini akan ada di seluruh provinsi di Indonesia. Secara keseluruhan, hampir di semua Provinsi telah meresmikan Pojok Pengawasan. Rencananya, Pusat Pengawasan Partisipatif ini juga akan hadir di Bawaslu Kabupaten/Kota.

Penulis/foto: Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu