• English
  • Bahasa Indonesia

Plh Sekjen Dorong Humas Bawaslu Maksimalkan Media Sosial

Plh Sekjen La Bayoni membuka Rapat Kerja Nasional dan Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (12/12/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Balikpapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal (Plh Sekjen) Bawaslu La Bayoni menyampaikan humas Bawaslu perlu memaksimalkan media sosial yang dimiliki untuk menjadi sarana komunikasi dan edukasi pengawasan Bawaslu.

La Bayoni atau yang akrab disapa Boy itu memperkirakan sekitar 50 persen calon pemilih Pemilu 2024 aktif di media sosial. Untuk itu, pesan dia, pesan-pesan yang bermakna dan menambah pengetahuan masyarakat dapat disampaikan secara kreatif melalui media sosial.

"Bangunlah citra kelembagaan Bawaslu lewat kehumasan terutama melalui media sosial. Isi dari konten media kehumasan semakin kreatif, mendidik, dan meningkatkan keterbukaan informasi dan kepercayaan publik," jelasnya saat membuka Rapat Kerja Nasional dan Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (12/12/2022).

Pria kelahiran 6 September 1967 itu berharap kegiatan ini dapat memperkuat sinergisitas program kehumasan Bawaslu RI dengan Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan performa humas Bawaslu di semua tingkatan menuju kehumasan Bawaslu yang adaptif, informatif, dan edukatif.

Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu Agung Bagus Gede Bhayu Indra Atmaja menjelaskan humas Bawaslu menjadi posisi terdepan dalam komunikasi antar lembaga masyarakat. Dia melihat peran ini juga menentukan kesan atau citra positif lembaga di mata masyarakat.

"Maka dari itu Bawaslu sebagai lembaga pemerintah dituntut untuk mampu mengelola manajemen komunikasi dan program kehumasan yang baik," terangnya.

Sebagai informasi, forum ini akan berisi pemaparan materi dan diskusi dengan para peserta, dengan acara inti pemberian penghargaan kehumasan berupa trofi dan piagam kepada Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota dalam bidang Pemberitaan, Publikasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Media Massa. Peserta terundang berasal dari 34 Bawaslu Provinsi dan 159 Bawaslu Kabupaten/Kota yang mendapatkan kategori "baik" berdasarkan dari hasil penilaian assesment kehumasan tahun 2022.

Penulis: Reyn Gloria
Foto: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu