• English
  • Bahasa Indonesia

Pimpinan Bawaslu: Dana Bansos Jangan Disalahgunakan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Salah satu potensi pelanggaran yang kerap terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yakni penyalahgunaan dana bantuan sosial (Bansos) yang dilakukan oleh kepala daerah maupun pejabat daerah setempat. Hal tersebut dikatakan Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak setelah menghadiri Rapat Pertemuan antara KPU, Bawaslu, dan DKPP di Kantor KPU, Jumat (5/6).

 

Nelson menjelaskan, berdasarkan catatan-catatan yang ada, potensi pelanggaran memang banyak  terkait penyalahgunaan dana bansos, baik dalam skala nasional maupun daerah. Ini tentunya menjadi objek pengawasan yang juga sangat diprioritaskan oleh Bawaslu.

 

“Bawaslu akan terus melakukan pengawasan terkait penggunaan dana bansos  ini jangan sampai disalahgunakan untuk memberikan dukungan terhadap pasangan calon, baik itu incumbent atau yang didukung oleh incumbent,” jelas Nelson.

 

Dalam hal ini, sambung Nelson, Bawaslu tidak memiliki kewenangan untuk membuat aturan tersendiri terkait hal tersebut yang melarang penggunaan dana bansos untuk kegiatan Pemilu. Ia mengatakan, Bawaslu hanya bisa melakukan upaya pencegahan dengan terus melakukan pengawasan.

 

“Semua hal yang diperintahkan dalam Undang-undang, termasuk halnya dengan penggunaan dana bansos ini harus dilaksanakan. Begitu juga ketika ada larangan harus diindahkan. Bawaslu melakukan pengawasan sesuai dengan aturan perundang-undangan tersebut,” sambungnya.

 

Lebih lanjut Nelson menegaskan, Bawaslu akan mengirimkan surat kepada setiap pemerintah daerah untuk berlaku netral dan tidak menyalahgunakan kewenangan sesuai dengan aturan perundangan yang ada.

 

“Selain mengirimkan surat kepada pemerintah daerah, Bawaslu juga mengoptimalkan pengawasan di lapangan,” tegasnya.

 

Penulis            : Pratiwi Eka Putri

Foto                : Irwan

Editor             : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu