• English
  • Bahasa Indonesia

Perkuat Sinergisitas Media Massa, Bawaslu Kunjungi Metro TV

Tiga pimpinan Bawaslu saat melakukan kunjungan dan berdiskusi dengan pimpinan redaksi Metro TV di Kantor Metro TV, Jakarta Barat, Rabu 27 Oktober 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan Bersama dua Anggota Bawaslu, yakni Fritz Edward Siregar dan Mochammad Afifuddin melakukan kunjungan ke media massa Metro TV. Kunjungan ini dimaknai sebagai silahturahmi karena media massa menurut Abhan sudah menjadi mitra dalam menyosialisasikan program kerja dan kegiatan Bawaslu selama pemilu maupun pilkada.

Abhan menyampaikan tanpa media massa, maka masyarakat mungkin tidak mengetahui informasi kepemiluan. Di hadapan jajaran pimpinan Metro TV, dia pun menyatakan media massa memiliki peran besar sehingga perlu sinergitas yang kuat dalam bermitra untuk mengawal kerja-kerja pengawasan ke depannya.

"Kerja kami tidak bisa dilihat publik tanpa peran dari media. Kami berterima kasih atas kemitraan selama ini dan mudah-mudahan menjelang tahapan pemilu 2024 yang dimulai tahun depan semua akan dapat berjalan baik," jelasnya di Kantor Metro TV, Jakarta Barat, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Bawaslu Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik untuk Kali Keempat 

Di hadapan jajaran direksi, Abhan pun menyampaikan  Bawaslu terpilih menjadi Presiden Global Network on Electoral Justice Network (GNEJ) yang menggenapi jabatan Wakil Presiden GNEJ dari perwakilan Asia yang sebelumnya sudah disandang sejak tahun 2020. Menurutnya hal ini menjadi prestasi Indonesia yang patut terus dipertahankan ke depannya.

Sementara Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar menambahkan, walau saat ini semua bentuk komunikasi dibatasi karena adanya pandemi covid-19, semoga tak membuat silaturahmi dengan media putus. Sebab Bawaslu, lanjutnya, selalu tetap menyediakan wadah via online untuk konferensi pers ataupun diskusi publik.

"Saya harap ke depannya Bawaslu juga dapat dibantu menyiarkan data-data pengawasan yang kami miliki, sebagai bentuk transparansi. Hal ini diharapkan menjadi bentuk kolaborasi yang baik diantara kita," tuturnya.

Baca juga: Bawaslu Terpilih menjadi Presiden Global Network on Electoral Justice 

Pada kesempatan yang sama News Director Metro TV Arief Suditomo memberikan apresiasi atas kinerja Bawaslu hingga saat ini. Menurutnya memang tugas media massa menjadi wadah masyarakat untuk mengetahui kerja-kerja yang dilakukan penyelenggara pemilu.

"Bawaslu ini seringkali disalahpahami, tetapi kami dengan senang hati akan membantu sosialisasi kebijakan, aturan atau program yang ada agar dapat terbingkai dalam layar kami," kata Arief.

Dalam kunjungan ini pimpinan Bawaslu didampingi  Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu Agung Indra Atmaja, Sub Kordinator Humas Bawaslu Ahmad Ali Imron, Sub Kordinator Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu  Haryo Sudrajat, dan Tenaga Ahli Humas Bawaslu Sulastyo. Sementara Arief didampingi Wakil Pemimpin Redaksi Redaksi Metro TV Nunung Setiyani dan Budiyono beserta jajaran lainnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu