• English
  • Bahasa Indonesia

Perayaaan Natal Bawaslu, Pemilu 2024 Diharapkan Penuh Damai dan Suka Cita

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan sambutan dalam ibadah di Gedung Mapalus Komplek Kantor Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara di Manado, Kamis 28 Desember 2023/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Keluarga besar Bawaslu melakukan ibadah perayaan Natal 2023 dengan khidmat dan sederhana, sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim dan penyandang disabilitas. Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berharap momentum Natal ini bisa dijadikan semangat untuk menciptakan Pemilu 2024 yang penuh damai dan suka cita.

Pada Natal kali ini, keluarga besar Bawaslu dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota melaksanakan ibadah di Gedung Mapalus Komplek Kantor Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado. Herwyn berpesan, sebagai pengawas pemilu khususnya Umat Kristiani dan Katolik harus mampu menjadi terang bagi dunia ini.

"Selamat Natal untuk kita semua. Mudah-mudahan dengan semangat Natal akan terus memberikan terang kepada dunia dalam mewujudkan pemilu damai, penuh suka cita, berintegritas dan bermartabat," kata dia dalam sambutan Ibadah Perayaan Natal Keluarga Besar Bawaslu, Kamis (28/12/2023).

Herwyn menuturkan sebagai pengawas pemilu bagi Umat Kristiani dan Katolik, hendaknya selalu mengedepankan nilai-nilai Kristiani. Dalam menjalankan tugas harus mengedepankan kasih yang dimakani dalam perspektif luas bukan kasih sempit yang bisa mentoleransi adanya pelanggaran. "Kasih itu dalam konteks menyatakan ya jika benar, menyatakan tidak jika salah," tegasnya.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Puslitbangdiklat itu melanjutkan pengawasan pemilu melalui tugas fungsi pencegahan harus terus dilakukan. "Kita semua bisa berbeda namun kita semua bersaudara dalam keluarga besar Indonesia. Nilai persaudaraan ini sangat penting kita sampaikan kepada masyarakat. Nilai berikutnya yakni bagaimana kita harus mewujudkan keadilan (pemilu) itu," papar Herwyn.

Dia juga menambahkan pengawas pemilu senantiasa harus mengkampanyekan hal-hal yang baik, sebagaimana sejarah perjalananan Tuhan Yesus yang selalu mengkampanyekan hal yang baik. "Mengkampanyekan hal-hal yang baik supaya pemilih, dia punya hak dan kewajiban dalam suasana pemilu yang penuh dinamika pada saat ini, diupayakan dilaksanakan dengan penuh damai dan suka cita. Kalau ada persoalan-persoalan maka kita ciptakan penegakan hukum yang adil," ucap Herwyn.

Setelah prosesi Ibadah Perayaan Natal, digelar pula doa bersama oleh para pemuka enam agama besar di Indonesia; Kristen, Islam, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Doa bersama digelar untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai dan penuh suka cita.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu