• English
  • Bahasa Indonesia

Penutupan Sekolah Pemilu, Bagja: Bawaslu Sedang Memetakan Hambatan Pengawasan Tahapan Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan penutupan pada Sekolah Pemilu angkatan ke-2 (Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) MD KAHMI Lebak, Provinsi Banten secara daring, Selasa (17/5/2022).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan saat ini Bawaslu sedang memetakan hambatan pengawasan tahapan pemilu serentak 2024 mendatang. Hambatan tersebut nantinya akan didiskusikan dengan pemerintah, DPR RI, KPU, dan pemangku kepentingan pemilu lainnya. 
 
"Pemerintah berjanji akan membantu dengan sepenuh hati baik KPU dan Bawaslu dalam menghadapi berbagai hambatan tersebut," ujarnya saat penutupan Sekolah Pemilu angkatan ke-2 (Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) MD KAHMI Lebak, Provinsi Banten secara daring, Selasa (17/5/2022). 
 
Bagja mencontohkan salah satu hambatan pengawasan yakni soal infrastruktur kantor KPU dan Bawaslu di daerah yang memprihatinkan.
 
"Permasalahan tidak ada gudang, permaslahan sarana transportasi, dan lainnya menjadi persoalan bagi KPU dan Bawaslu untuk menyelengarakan pemilu," ungkapnya. 
 
"Janji pemerintah akan melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah karena anggaran-anggaran tersebut bisa juga didapatkan dari anggaran belanja daerah," tambah Bagja.
 
Selain itu, kata Bagja, saat ini Bawaslu tengah berdiskusi tentang sistem informasi partai politik (parpol) agar menjadi sistem informasi yang lebih baik dan tidak terhambat perihal regulasi. 
 
"Jadi dengan melakukan komunikasi dengan teman-teman KPU diharapkan tidak ada lagi hambatan dan penghalang yang menjadi permasalahan dalam melakukan tahapan pengawasan," tegasnya.
 
Editor : Reyn Gloria 
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu