• English
  • Bahasa Indonesia

Pemilih Tak Tahu Penyebab PSU, Dewi: Sosialisasi Harus Ditingkatkan

Anggota Bawaslu saat melakukan kunjungan supervisi pengawasan ke Kabupaten Halmahera Utara, Rabu 28 April 2021/Foto: Humas Bawaslu RI

Loloda Utara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo meminta sosialisasi untuk pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa daerah harus lebih masif. Pernyataan ini terlontar lantaran Dewi menemukan fakta bahwa pemilih tidak tahu penyebab digelarnya PSU.

Hal itu terjadi ketika Dewi melakukan supervisi pengawasan PSU di TPS 01 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu, (28/4/2021). Dewi bertanya kepada beberapa warga yang sedang berada di TPS tersebut. Alih-alih warga tersebut datang untuk memilih kembali, namun mereka mengaku tidak tahu penyebab PSU.

"Memang sering kali sosialisasi disampaikan kurang detail. Sehingga masyarakat tidak tahu dengan lengkap penyebab PSU," ucap Dewi.

Dewi mengakui terkadang sosialisasi hanya sebatas ajakan untuk menggunakan hak suara di TPS. Sosialisasi tersebut, lanjut dia, tanpa dilengkapi informasi yang jelas alasan pemilih wajib mencoblos. Akibatnya, ada masyarakat yang tidak tahu dan hanya ikut memilih karena ajakan orang lain.

"Ke depannya jangan sampai terulang kembali di daerah yang akan menggelar PSU. Masyarakat harus diberi pendidikan politik agar menjatuhkan pilihan dengan alasan yang tepat," urainya.

Perlu diketahui, PSU di Kabupaten Halmahera Utara didasari oleh persoalan terdapat enam warga yang sedang ditahan kurungan (penjara), tetapi namanya digunakan orang lain untuk mencoblos di TPS. Hal ini lalu digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh salah satu pasangan calon. Dalam putusannya, MK mengabulkan permohonan tersebut dan memerintahkan KPU Kabupaten Halmahera Utara untuk melakukan PSU di TPS 01 dan TPS 02 Desa Supu.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu