• English
  • Bahasa Indonesia

Optimalkan Anggaran Bawaslu Daerah, Sekjen Bawaslu Maksimalkan Peran Pengawasan Internal

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro menutup kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020. Foto :Humas Bawaslu RI

Kuta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mengharapkan Pengawasan Internal (PI) Bawaslu yang kini hanya terfokus di pusat, juga tersedia di Bawaslu provinsi seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mengoptimalkan dalam pengelolaan anggaran yang berasal dari APBN dan APBD.

"Saya punya pemikiran, PI ini tidak hanya di pusat, tapi juga perlu di daerah," kata Gunawan saat menutup acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020, di Kuta, Bali, Jumat (28/8/2020).

Teknisnya ungkap Gunawan, Bawaslu provinsi harus memiliki minimal dua tenaga PI, sebagai auditor internal. Tentunya harus dengan menjalani serangkaian kursus auditor. Apalagi ungkap Gunawan, kedepan akan ada 514 satker Kesekretariatan Bawaslu.

Sehingga dengan adanya PI atau setingkat auditor di Bawaslu daerah, akan memudahkan seluruh pengelola anggaran agar mengelolanya secara efektif, transparan dan akuntabel sejalan dengan peningkatan anggaran.

"Menurut saya, kehadiran PI atau auditor di daerah menjadi penting," tegasnya.

Fotografer :Rama Agusta
Editor :Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu