• English
  • Bahasa Indonesia

Meski Berpengalaman, Herwyn Tegaskan Peningkatan Kompetensi Bawaslu Provinsi Penting Dilakukan

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat membuka kegiatan Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Provinsi Masa Jabatan 2023-2028, pada Senin (30/10/2023).

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu, Herwyn JH Malonda menegaskan bahwa peningkatan kompetensi jajaran Bawaslu Provinsi di Indonesia penting untuk dilakukan. Meski diakuinya banyak anggota Bawaslu Provinsi yang terpilih saat ini merupakan orang yang berpengalaman di bidang kepemiluan, namun belum tentu situasi Pemilu 2024 sama seperti yang sudah mereka jalani.

"Bapak ibu juga harus mengikuti kegiatan ini dengan serius. Meski berpengalaman, minimal pengalaman itu bisa diupdate atau diperbarui terkait dengan kompetensi. Apa yang telah dan yang akan kita lakukan kedepan," ungkapnya saat membuka kegiatan Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Provinsi Masa Jabatan 2023-2028, pada Senin (30/10/2023).

Dalam konteks kompetensi yang harus ditingkatkan, Herwyn mencontohkan tentang bagaimana soliditas antar anggota di tingkat provinsi ditingkat. Salah satu yang dia contohkan adalah penyamaan persepsi terkait kebijakan-kebijakan lembaga.

"Misalnya tentang Perbawaslu nomor 3 tahun 2022. Itu harus dipahami bersama bahwa tugas pengawasan pemilu itu tidak lagi mengacu pada divisi pengawasan. Ketua dan anggota Bawaslu di semua tingkatan melakukan tugas-tugas pengawasan yang dibebankan kepada PIC," jelasnya.

Herwyn juga mengingatkan waktu dan kompetisi pemilu saat ini sudah semakin dinamis dan ketat yang bisa memberi implikasi kepada Bawaslu di tingkat daerah. Oleh karenanya, Herwyn meminta kepada Bawaslu Provinsi untuk bergerak cepat melakukan pengawasan terhadap tahapan yang sedang dan akan datang.

Terakhir, Herwyn juga meminta Bawaslu Provinsi untuk fokus dalam mengikuti materi dan membawa bekal yang bermanfaat ketika kembali ke daerah masing-masing. "Ini sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk turut serta memperkuat eksistensi kelembagaan yang di dalamnya ada ketua dan anggota Bawaslu Provinsi yang secara hirarki kepanjangan tangan dari Bawaslu RI untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan dan pembinaan di provinsi masing-masing," tuntasnya.

Penulis dan Foto: Bhakti Satrio W
Editor: Hendi Poernawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu