• English
  • Bahasa Indonesia

Laporan Tahunan Harus Disusun Lengkap, Herwyn Harap Bisa Dibagikan ke Publik

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memberi arahan dalam Rapat Penyusunan Laporan Akhir Tahun 2022 di Tangerang, Jumat (9/12/2022). Foto: Fajar Rodhani Putra

Tangerang, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta penyusunan laporan tahunan Bawaslu disusun secara komprehensif dan detail terkait kerja-kerja kelembagaan pada tahun 2022. Dia juga berharap laporan itu tidak hanya dijadikan sebagai arsip semata, melainkan diterbitkan dalam buku agar bisa dibaca oleh masyarakat.

"Laporan ini adalah bentuk pertanggungjawaban kita ke publik, agar publik bisa tahu output/ capaian kerja-kerja kita (Bawaslu)," cetusnya dalam Rapat Penyusunan Laporan Akhir Tahun 2022 di Tangerang, Jumat (9/12/2022).

Peraih gelar doktoral Universitas Brawijaya itu menguraikan laporan tahunan berfungsi sebagai dasar pengambilan kebijakan strategis berikutnya, bahan evaluasi dan bahan pertanggungjawaban atas kinerja lembaga. Yang paling penting, kata Herwyn, laporan tahunan merupakan upaya mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang profesional dan akuntabel.

Dia mengingatkan penyusunan laporan tahunan tidak hanya menjadi kewajiban Bawaslu pusat, namun itu kewajiban Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota. Hal ini juga mengacu pada ketentuan Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilu.

"Dalam kebutuhan kedepan, berdasarkan uraian tugas divisi dimaksud, maka kita membutuhkan kecermatan dan terutama daya inovasi yang kesemuanya tentu wajib berbasis pada prinsip profesionalitas dan akuntabilitas," kata Herwyn.

Editor: Hendi Purnawan
Fotografer: Fajar Rodhani Putra

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu