• English
  • Bahasa Indonesia

Kunjungi Sebelas Daerah di Jateng, Fritz Cek Kesiapan dan Adaptasi Pengawas Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat mengunjungi kantor Bawaslu Wonogiri, Selasa 23 Juni 2020/Foto: Humas Bawaslu Jawa Tengah

Wonogiri, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Koordinator Divisi Hukum, Hubugan Masyarakat, dan Data Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar mengunjungi sebelas daerah di Jawa Tengah (Jateng). Dia melakukan pengecekan 'amunisi' infrastruktur dan keterampilan jajaran pengawas Pilkada 2020 yang perlu beradaptasi dengan situasi pandemik covid-19.

Setidaknya ada sebelas daerah di Jateng yang bakal dirinya kunjungi sejak Selasa (23/62020), hingga beberapa hari mendatang. Fritz awalnya mengunjungi kantor Bawaslu Kabupaten Wonogiri dengan menjelaskan anggaran pillada dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) bakal mendapatkan dukungan dari kementerian dalam negeri (kemendagri), khususnya alokasi bagi pengadaan alat pelindung diri (APD).

“Kepercayaan diri harus dibangun dan kepercayaan diri harus ditransfer khususnya dalam pandemi ini kita harus berani dan optimis mengawal Pilkada,” tegas Fritz.

Fritz mencontohkan, pengawasan proses pemutakhiran data pemilih (mutarlih) yang akan dilakukan. Menurutnya, hal tersebut membutuhkan keterampilan yang baik oleh jajaran Bawaslu. "Masyarakat mempercayakan sepenuhnya seluruh proses yang sudah dipercayakan kepada Bawaslu," tuturnya.

Fritz menambahkan, jjaran Bawaslu yang akan menegakkan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Jika dalam proses tahapan pilkada ada yang tidak menggunakan protokol kesehatan, dia meminta pengawas pilkada harus berani memberikan masukan.

“Jika tidak, akan menjadi temuan sehingga masuk dalam dugaan pelanggaran. Hal tersebut mungkin tidak mudah tapi mau tidak mau kita harus menerapkan,” katanya.

Bawaslu Wonogiri diharapkan terus menjaga marwah lembaga. Frit mengungkapkan, caranya dengan menjalankan fungsi Bawaslu dengan baik dan mengoptimalkan kemampuan sosialisasi yang kreatif untuk menjangkau informasi sampai pada masyarakat.

"Meningkatkan partisipasi pengawasan oleh masyarakat juga butuh keaktifan Bawaslu Wonogiri. Saya imbau memanfaatkan segala platform media sosial yang sudah dimiliki," ujar dia.

Di akhir kunjungan, Fritz sempat menuliskan dalam sebuah kertas dibubuhi dengan tanda tangan yang berisi kalimat: "Menjadi pengawas pemilu adalah menjaga kepercayaan. Demokrasi di Kab Wonogiri bergantung Bapak/Ibu pengawas. Mari kita buktikan bersama,” demikian dia memberikan pesan tertulis.

Editor: Ranap THS
Penulis/Fotografer: Yusuf (Humas Bawaslu Jateng)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu