• English
  • Bahasa Indonesia

Kotak Suara Nyaris Terkena Air Hujan, Bawaslu Imbau PPK Lebih Hati-hati

Abhan saat meninjau penyimpanan kotak suara di Rumah Susun Pinus Elok, Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung/Foto: Irwansyah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Rumah Susun Pinus Elok, Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung, Jakarta timur, nyaris membasahi ruang penyimpanan kotak suara Pemilu 2019.

Untungnya, petugas bertindak cepat. Kotak suara yang ada di lantai langsung dipindahkan ke atas meja dan kursi. Sedangkan, air yang menggenangi ruangan langsung dikeringkan. Dilapisi dengan kardus coklat untuk menyerap air. Beruntung, kotak suara dari tujuh kelurahan yang ada di tempat ini tidak ada yang terkena air.

Melihat situasi tersebut, Ketua Bawaslu, Abhan bergegas meninjau salah satu ruangan untuk melihat tumpukan kotak suara. Ditempat ini, kotak yang masih disegel tidak ada yang basah.

Untuk memastikan semua kondisi kotak, Abhan meminta petugas memperlihatkan kondisi semua gudang penyimpanan kotak suara, melalui kamera pengawas. Satu persatu, petugas menunjukkan ruangan. Abhan mencermati dengan jeli.

Abhan lantas mengimbau, petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) segera mengantisipasi tempat penyimpanan kotak suara. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti sore ini, Jumat (19/4/2019).

"Kejadian seperti ini jangan terulang lagi," seru Abhan.

Abhan juga mengimbau PPK mengawasi tahapan rekapitulasi hingga akhir, sebab waktu penghitungan masih panjang. Tersisa, 16 hari ke depan.

"Jadi harus jaga kesehatan dan stamina dalam menjalankan tugas," ungkapnya.

Di tempat ini pula sedang berlangsung rekapitulasi tingkat kecamatan di Jakarta Timur. Ketujuh kecamatan tersebut yaitu Jatinegara, Ujung Menteng, Pulogebang, Cakung Timur, Penggilingan, Cakung Barat, Rawa Tera.

Penulis : Hendy Purnawan
Editor : Ranap Simanjuntak

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu