• English
  • Bahasa Indonesia

Koordinasi dengan KPU, Dewi Tegaskan Bawaslu Lakukan Simulasi PSU Pilgub Kalsel

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan penjelasan dalam Rapat Koordinasi dengan KPU Kalimantan Selatan, Senin 7 Juni 2021

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan sejumlah langkah antisipasi meminimalisir potensi pelanggaran dalam pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini dia utarakan saat menghadiri undangan dari KPU Kalsel di Banjarmasin, Senin (7/6/2021)

Menurutnya Bawaslu Kalsel melaksanakan kegiatan guna mengantisipatisi potensi pelanggaran dalam menjelang PSU Pilgub Kalsel sebagai amanah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021."Bawaslu melakukan hal yang tidak biasa dan belum pernah kami (Bawaslu) lakukan," ujarnya.

Dewi menjelaskan, simulasi PSU ini sebagai hal baru. Dia meyakinkan sejauh ini belum pernah ada simulasi PSU selama ini. Hal ini baginya mendekatkan teknis pengawasan PSU kepada masyarakat pemilih agar mengetahui apa alasan, kenapa, dan bagaimana teknis pelaksanaan PSU.

Di lain sisi, Dewi menerangkan simulasi PSU diharapkan bisa mendeteksi potensi-potensi masalah yang mungkin terjadi. Sebagaimana diketahui, ada tiga dasar putusan MK memerintahkan PSU seperti pembukaan kotak suara yang tidak sesuai prosedur. Kedua, ditemukannya penambahan dan ketiga pengurangan suara dan ada pemilih yang tidak mencukupi syarat untuk memilih tetapi masih menggunakan hak pilih.

"Tiga dasar pertimabahan yang menjadi dasar putusan PSU ini menjadi fokus pengawasan Bawaslu," terang doktor ilmu hukum asal Palu, Sulawesi Tengah tersebut.

Dewi berharap tidak ada lagi PSU setelah PSU ini karena semua alasan terjadi PSU menjadi fokus yang terus dideteksi melalui simulasi PSU. "Selain itu, ada pula patroli pengawasan. Tidak ada alasan untuk menurunkan semangat patroli pengawasan karena patroli pengawasan merupakan program yang dinilai cukup berhasil sejak tahun 2018 untuk mencegah praktik politik uang.

"Sejak hari ini sampai hari H, Bawaslu melaksanakan patroli pengawasan yang sudah berhasil mencegah politik uang sejak Pilkada Tahun 2018," jelasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Isya (Humas Bawaslu Kalsel)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu