• English
  • Bahasa Indonesia

Jokowi Lantik Lima Pimpinan Bawaslu Periode 2022-2027

Presiden RI saat membacakan sumpah janji jabatan pimpinan KPU dan Bawaslu dan pimpinan KPU periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022).
 
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik lima pimpinan Bawaslu dan pimpinan KPU periode 2022-2027 di Istana Negara Jakarta, Selasa (12/4/2022). 
 
Sebelum pengambilan sumpah jabatan, Presiden Jokowi mempertanyakan kesediaan calon anggota Bawaslu dan KPU terpilih untuk mengucapkan sumpah janji jabatan sesuai dengan agama masing-masing. 
 
"Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuain dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan anggota Bawaslu dan KPU periode 2022-2027 di Istana Negara.
 
Kelima pimpinan Bawaslu terpilih periode 2022-2027 yakni Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.
 
Dari lima pimpinan terlantik Rahmat Bagja yang merupakan lulusan Utrecht University, Belanda ini adalah pimpinan Bawaslu periode 2017-2022. Lalu, Puadi lulusan program Doktoral Ilmu Politik di Universitas Nasional sebelumnya adalah anggota Bawaslu DKI Jakarta sejak 2017. 
 
Selanjutnya Totok merupakan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur sedangkan, Herwyn pria kelahiran Minahasa ini adalah lulusan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya Malang yang juga anggota Bawaslu Sulawesi Utara sejak Tahun 2012. 
 
Terakhir, srikandi satu-satunya yang terpilih di Bawaslu RI adalah Lolly Suhenty. Dia juga merupakan aktivis perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2018. 
 
Sementara, tujuh anggota KPU terpilih yakni Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin,  Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik  August Mellaz, dan Betty Epsilon Idroos.
 
Sebagai informasi, dalam Rapat Paripurna DPR ke-16 pada Jumat, 18 Februari 2022 mengesahkan lima anggota Bawaslu dan tujuh anggota KPU terpilih.
 
Editor : Reyn Gloria
Dokumentasi : Youtube Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu